Filter Kolam Koi Dengan Bakki Shower

Filter kolam Ikan koi dengan Bakki Shower.Filter kolam ikan Bakki Shower merupakan teknologi sistem filter kolam koi yang memiliki performa yang sangat baik untuk menyaring dan menjernihkan air kolam koi. Metode yang digunakan adalah dengan membuat kucuran air yang sangat lembut dari pre filter menuju media filter yang berada pada beberapa lapis bakki yang disusun secara bertingkat.

Percikan air ini mirip dengan shower yang digunakan di kamar mandi. Air mengalir melalui media di masing-masing tingkat, mirip dengan air yang disaring melalui sebuah ayakan. Inspirasi penggunaan Bakki Shower sebagai model filter datang dari Mr. Maeda di Jepang, ketika itu ia terpesona oleh aliran air yang mengalir di Sungai Asahi yang terlihat sangat jernih dan hidup setelah melewati batu-batuan.

Artikel terkait.

Akhirnya dibuat eksperimen untuk melewatkan air kolam koi melalui media batu-batuan dan beberapa media lain. Setelah melalui beberapa eksperimen akhirnya Momotaro Koi Farm menemukan desain filter kolam koi dengan model Bakki Shower yang ideal dengan media Bakteria House. Akhirnya model Bakki Shower ini dipatenkan menjadi hak milik Momotaro Koi Farm.manfaat filter kolam ikan koi

Ada dua komponen penting yang ada pada sistem filter Bakki Shower yaitu Bakki Shower yang disusun bertingkat dan Bacteria House sebagai tempat hidup bakteri pengurai. Secara alamiah Amonia yang terkandung dalam kolam koi akan dikonversi menjaddi zat-zat yang tidak berbahaya dengan cara biologis dengan memanfaatkan bakteri pengurai.

Bakki Shower akan memecah ir dalam bentuk yang kecil, dengan demikian diharapkan akan memiliki permukaan yang lebih luas yang bersentuhan dengan udara, efek lebih lebih lanjut akan mampu menaikkan oksigen terlarut(Disolved oksigen) di dalam air.

Bakteri house terbuat dari keramik yang berpori, pembuatannya melalui pemanasan sampai 1300 derajat celcius selam 60 jam. Menjadi media yang sangat baik bagi tumbuh dan berkembangnya bakteri pengurai amonia. Sehingga penguraian amonia menjadi lebih sempurna.

Model Bakki Shower selain memiliki kemampuan menambah oksigen terlarut juga mampu membuat suhu dalam air cukup stabil. Pada suhu udara yang panas mampu mendinginkan air. Pada sistem Bakki Shower volume filter bisa dibuat lebih kecil dibandingkan dengan model filter chamber, selain itu model ini air lebih cepat mature dan lebih cepat dalam recovery pada saat listrik mati.

Pada desain standar Bakki Shower dari Momotaro Koi Farm disarankan terdiri atas empat Bakki. Meski dimungkinkan bakki shower dalam tiga tingkat, tetapi hasil kurang optimal. Bakki shower dengan lebih dari empat tingkat menghasilkan kualitas air yang lebih baik. Satu hal yang paling penting dalam desain Bakki Shower adalah waktu trun over air, dengan filter chamber waktu trun over adalah satu kali putaran dalam satu jam.

Artikel terkait.

Misalnya kolam koi memiliki volume 5000 liter maka dalam satu jam pompa harus mampu mengalirkan air sebanyak 5000 liter juga. Dalam model Bakki Shower diperlukan pompa yang mampu melakukan turn over air 1,5 kali lebih besar atau 150% per jam. Jadi dengan volume kolam 5000 liter diperlukan pompa yang mampu mengalirkan air 7500 liter per jam.

Keuntungan Menggunakan Bakki Shower:

  • Free Maintenance
  • Bio-filtrasi yang cukup lengkap, termasuk nitrat.
  • Air sangat cepat untuk nature
  • Menghasilkan Kejernihan air yang sangat baik.
  • Menghasilkan Oksigen yang terlarut besar.
  • Menghemat ruang untuk filter.
  • Tidak melakukan UV sistem.
  • Fast Recovery saat listrik mati.

Sistem Bakki shower memang cukup bagi pencinta kois pemula, untuk koi dengan kualitas standar di kolam mungkin cukup mewah. Akan tetapi sistem filter kolam koi dengan Bakki Shower dapat dirakit sendiri dengan membuat dengan semen, memanfaatkan bahan-bahan bekas atau perangkat rumah tangga lainnya.

Misalnya krat minuman ringan, keranjang buah dan lain-laain. Media Bakteria House yang digunakan bisa dengan Bioball, karang laut atau batu-batuan lain yang perpori.

Penggunaan karang konon bisa menimbulkan kekeruhan air, karena karang jika terkena air lama kelamaan akan terkikis dan mengotori air kolam. Tetapi media ini cukup murah dan menghasilkan air kolam yang cukup jernih.

Tulisan terkait :
loading...
Filter Kolam Koi Dengan Bakki Shower | Penulis | 4.5