Ciri Umum dan Karakter Dasar Burung Kenari

Ciri umum dan karakter dasar burung kenari-Burung kenari merupakan jenis burung yang berukuran kecil dengan panjang badan 11-15 cm. Secara umum kenari memiliki ciri, yaitu badan bagian atas berwarna kuning sitrun dengan garis-garis lebih gelap, sedangkan bagian bawah berwarna kekuningan dan lebih cerah.

Sayap pada ekor burung kenari berwarna hijau kekuningan dan paruh berwarna seperti timah. Tidak ada perbedaan pola dan warna bulu, bentuk, serta ukuran tubuh antara burung jantan dan betina. Oleh karena itu, secara umum burung kenari dapat digolongkan sebagai satwa monomorfik. Sehingga untuk membedakan jenis kelamin burung kenari akan sulit jika dilihat dari segi morfologinya.

Artikel terkait.

Burung kenari dikenal sebagai burung berkicau dengan suara yang bagus, keras, bervariasi, serta tajam mengalun. Panjang satu alunan suara dalam satu tarikan nafas burung kenari dapat mencapai lebih dari 30 detik.Ciri Umum dan Karakter Dasar Burung Kenari

Hal ini yang menyebabkan burung kenari begitu disukai penggemar burung di seluruh dunia. Burung kenari juga mampu menirukan suara burung lain, sehingga banyak ditangkarkan dan dilatih untuk menghasilkan aluran suara yang lantang, merdu, serta sesuai corak bunyi yang didengarnya.

Burung kenari tergolong sebagai satwa yang menyukai habitat pada dataran tinggi mencapai ketinggian 1.500 m dpl.

Burung kenari termasuk jenis burung pemakan biji-bijian dan mudah berkembang biak. Jumlah telur yang dapat dihasilkan oleh induk betina berisar 4-5 butir dengan lama waktu pengeraman sekitar 14 hari. Pengeraman telur biasanya dilakuakan secara bergantian antara burung jantan dan betina.

Setelah ciri-ciri umum tersebut, burung kenari memiliki beberapa karakter dasar yang baik sebagai hewan peliharaan. Ada beberapa karakter dasar burung kenari yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan usaha penangkarannya, baik sebagai penyalur hobi ataupun sebagai unit usaha ekonomi. Berikut ini lima karakter dasar burung kenari tersebut.

Kemampuan beradaptasi

Artikel terkait.

Burung kenari dikenal sebagai burung yang mudah menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi dan perubahan lingkungan pemeliharaan. Dengan kata lain, burung kenari dapat dipelihara dan mampu berkembang dengan baik pada berbagai ukuran kandang maupun berbagai kondisi lingkungan di luar kandang.

2) Tidak mudah stres

Implikasi positif sebagai jenis burung yang memiliki kemampuan beradaptasi yang baik pada setiap perubahan lingkungan juga dibuktikan bahwa burung kenari merupakan jenis burung yang tidak mudah stres.

3) Mudah jinak

Dari dua karakter sebelumnya, secara sinergis membawa pengaruh positif pada karakter burung kenari sebagai burung yang mudah dijinakkan dan dekat dengan penangkar atau pemeliharanya.

4) Mudah berkembang biak dan dikawin-silangkan

Hadirnya beragam jenis burung kenari di pasaran merupakan hasil dari program persilangan atau hasil rekayasa genetik dalam usaha pengembangbiakannya. Burung kenari dapat berkembang biak dalam berbagai kondisi kandang serta mudah naik berahinya melalui pengaturan makanan, penjodohan, dan penjemuran.

5) Penyanyi dan petarung

Burung kenari diketahui peka dan akan menunjukkan ketangguhannya dengan berkicau sekeras mungkin apabila mendengar kicauan atau nyanyian dari burung kenari lain ataupun melihat burung sejenis.

Tulisan terkait :
loading...
Ciri Umum dan Karakter Dasar Burung Kenari | Penulis | 4.5