Ciri Serta Perawatan Ikan Koi Kohaku

Ciri serta perawatan ikan koi kohaku.Ikan koi Kohaku adalah jenis koi kohaku dengan warna dasar putih dan tanda merah (HI) di atasnya. Ada istilah umum yang sering dipakai oleh pecinta koi kohaku, “Mulai dari Kohaku dan Berakhir dengan Kohaku”. Pecinta koi pemula biasanya memilih kohaku sebagai pilihan di kolamnya, setelah mencoba memelihara koi jenis lain akhirnya kembali memelihara kohaku sebagai koleksinya. Kohaku dipilih oleh penggemar karena kohaku adalah koi yang sederhana tapi sangat elegan dan anggun.

Dalam klasifikasi koi, Kohaku masuk dalam kategori Gosanke (Kohaku, Sanke, Showa). Kohaku yang baik memiliki warna putih yang bersih dan cemerlang, putih seperti salju. Warna merah harus tajam dan mempunyai kedalaman warna, seperti darah atau merah bata. Komposisi warna merah pada kohaku yang baik antara 50 sampai 70 persen tubuh kohaku. Warna merah tidak mengandung orange atau kuning.

Artikel terkait.

Dalam memilih kohaku muda harus dipertimbangkan juga perkembangan koi untuk masa depan bukan hanya untuk kecantikan yang sekarang. Karena kondisi dan kualitas ikan koi dapat berubah dari waktu ke waktu. Pecinta koi yang memiliki kemampuan untuk memprediksi masa depan hasilnya menakjubkan. Kemampuan ini bisa diperoleh dari pengalaman dan kebiasaan pecinta koi.

Terkadang ada potensi spot hitam pada warna merah atau putih kohaku yang belum nampak saat Kohaku muda, tetapi akan muncul saat koi tumbuh menjadi besar. Akhirnya menjadi sanke, tetapi kurang warna hitam. Pada sirip kohaku pastikan tidak ada tanda merah atau hitam, tetapi berwarna putih. Selain itu batas tepi (KIWA) masing-masing warna harus tajam, idealnya tajam seperti bekas diiris dengan silet.jenis ikan koi kohaku

Bagian tepi depan dari masing-masing tempat (bukan di kepala) kadang memiliki warna merah yang kabur atau yang disebut Sashi. Sashi ini menunjukkan koi masih belum finish dan masih mungkin berkembang kualitasnya. Kohaku kelihatan elegan jika mempunyai hidung putih dan daerah putih tanpa pola merah tepat di depan ekor. Warna merah pada bagian ekor atau sirip dorsal masih tidak disukai oleh kebanyakan.

Kepala Kohaku

Kohaku akan lebih baik jika memiliki pola merah (HI) di kepalanya. Bentuk pola kepala pola untuk warna merah menyerupai bentuk U besar, yang mencapai mata. Tidak dianjurkan memilih Kohaku dengan keseluruhan kepala berwarna putih.

Tubuh Kohaku

Artikel terkait.

Tubuh Kohaku harus memiliki warna merah (hi) yang besar/lebar, karena warna merah besar lebih disukai dan nampak lebih indah dibandingkan warna merah yang kecil. Selain itu pola warna pada Kohaku harus seimbang baik kiri-kanan maupun depan belakang. Keseimbangan pola di atas tubuh ikan koi inilah yang paling penting dan membuat kohaku terlihat sangat indah.

Bentuk tubuh bisa dikatakan “Torpedo Shaped”, berbentuk seperti torpedo. Selain bentuknya torpedo harus imbang antara beberapa bagiannya, misalnya panjang dan lebarnya, proporsi tubuh, finnage, bentuk kepala, lebar di mata dan bahu dan seterusnya. Koi yang terlalu kurus tidak indah sebaliknya yang terlalu gemuk juga tidak indah.

Pola warna Kohaku

Pola warna harus seimbang, simetris di kedua belah pihak, bagian depan-belakang, kiri dan kanan. Memiliki pola tepi warna (kiwa) yang tajam seperti dipotong pisau cukur dan seragam berwarna di atas (Sashi) yang lebih tinggi. Kohaku yang baik memiliki pola yang tidak turun melewati mata dan seimbang. Pola harus sebanding dengan ukuran ikan-ikan koi dan tidak memiliki pola kecil di tubuh besar atau pola besar badan kecil, biasanya keunikan atau karakter pola pada kepala yang membuat ikan koi ini istimewa.

Tulisan terkait :
loading...
Ciri Serta Perawatan Ikan Koi Kohaku | Penulis | 4.5