Ciri Ikan Koi Ochiba-Doitsu-Shusui

Ciri ikan koi Ochiba-doitsu-shushui.Yang pertama kita bahas Ikan koi Ochiba.memang varies koi yang relatif baru dibandingkan dengan varietas koi lainnya. Namun pesona nya telah memikat banyak penggemar koi dipenjuru dunia. Ochiba dikenal dengan nama panjangnya Ochiba Sigure yang secara harafiah diterjemahkan sebagai ”autumn leaves on water”.

Warna sisik yang bersinar sempurna memberikan kesan daun yang mengambang di atas air. Pola warna pada ochiba shigure yang memiliki  warna abu-abu, kuning, tembaga atau perunggu memberikan kesan sebagai daun yang jatuh pada musim gugur.

Artikel terkait.

Koi oshiba diklasifikasikan dalam keluarga Kawarimono yang merupakan penggolong koi yang tidak bisa diklasifikasikan dalam kategori koi lainnya. Konon koi ochiba dilahirkan dari parent Soragoi (koi dengan warna abu-abu dengan sisik membentuk pola net) dan Chagoi (koi berwarna cokelat keemasan). Kedua prent ochiba tersebut memiliki karakteristik yang sangat jinak dan ramah terhadap manusia, sehingga Ochiba Shigure  juga memiliki sifat yang sama. Karakteristik ini biasanya dipakai untuk melatih koi agar bisa dilakukan hand feeding.

Saat ini Ochiba Shigure makin populer dikalangan penghobi ikan koi. Hasil persilangan dari berbagai varietas koi menghasilkan ochiba yang semakin beragam. Beragam jenis ochiba yang sekarang ditemukan antara lain Doitsu Ochiba, yang merupakan Ochiba tanpa sisik, Ochiba Ginrin (Ochiba dengan pola Ginrin pada sisiknya), Metalic Doitsu Ochiba dan lain-lain.ikan koi jepang kontes

Selain jenis ochiba diatas saat ini pun sudah lahir Ochiba hasil persilangan antara chagoi coklat dengan Kohaku. Hasilnya adalah ochiba yang membentuk pola merah lumpur yang nampak seperti daun yang jatuh pada kolam.

Doitsu Koi tanpa sisik

Doitsu merupakan koi yang tidak memiliki sisik di sekujur tubuhnya. Doitsu koi hampir bisa dijumpai pada semua jenis ikan koi. Misalnya saja Doitsu Kohaku, doitsu Snake dan lain sebagainya. Pada awalnya doitsu koi merupakan hasil persilangan koi Jepang dengan ikan ikan karper Jerman yang minim sisik di tubuhnya.

Karena tidak memiliki sisik, biasanya kiwa (Batas tepi warna) pada doitsu cukup tajam yang menjadi salah satu kriteria koi yang baik. Untuk menilai kualitas doitsu koi biasanya mengikuti varietas aslinya. Misalnya saja doitsu kohaku penilaiannya mengikuti standar penilaian kohaku. Doitsu Snake maka penilaiannya akan mengikuti standar penilaian koi Snake.

Artikel terkait.

Koi Shusui

Memilih koi Shusui hampir sama dengan koi asagi, karena itu standar yang dipakai untukmemilih asagi juga berlaku untuk memilih koi Shusui. Shusui pada dasarnya adalah koi yang memiliki sisik hanya pada sepanjang punggung saja. Warna sisik pada bagian punggung berwarna indigo (nila).

Pedoman memilih koi Shusui:

  • Sisik pada sepanjang punggung berwarna biru indigo.
  • Pola sisik  sepanjang punggung harus rapi dan meliputi dari bawah kepala sampai punggung.
  • Pola sisik di punggung harus rapi dan tidak boleh ada sela.
  • Tidak ada sisi lain di luar sepanjang punggung. Jika ada sisik diluar itu atau disebut Mudagoke, itu menjadi pengurangan nilai Shusui.

Pertimbangan lain dalam memilih shusui adalah sam dengan memilih asegi. Namun, yang penting diperhatikan, bagian tidak bersisikpada  koi shusui sangat rentan terhadap munculnya bintik-bintik hitam yang disebut dengan Jyami.

Tulisan terkait :
loading...
Ciri Ikan Koi Ochiba-Doitsu-Shusui | Penulis | 4.5