Ciri Batu Kuarsa Berkualitas

Ciri batu kuarsa berkualitas.Ahir-ahir ini banyak batu akik yang beredar sintetik,batu akik palsu.Ciri batu akuarsa berkulitas sangat mudah kita kenali.salah satunya hanya dengan melihat dari mata telanjang serta kita bisa menggunakan lampu cahaya untuk menganalisis serat di dalamnya.

Banyak sekali jenis batu Permata yang tersebar di seluruh dunia. Mulai dari belahan bumi timur, barat, utara hingga selatan, semua memiliki jenis-jenis batu tersendiri. Salah satu jenis batu Permata yang cukup digemari di dunia adalah batu Kuarsa atau Quartz.

Artikel terkait.

Batu Kuarsa adalah jenis batu yang mengandung banyak unsur mineral di dalamnya. Batu ini hadir dengan bentuk yang bervariasi, mulai dari yang solid hingga yang transparan. Warna dasarnya pun cukup beragam dari putih, biru, hingga kuning.ciri batu luarsa berkualitas

Pada tingkat kekerasan sendiri, batu Kuarsa memiliki nilai kekerasan 7 Mohs. Nilai 7 Mohs ini bisa dibilang cukup tinggi, meskipun masih kalah dengan jenis batu lain seperti Intan atau Berlian yang tingkat kekerasannya bisa mencapai 9 hingga 10 skala Mohs.

Penting Untuk dibaca: Kasiat Batu bacan Untuk Pemakainya

Secara unsur Kimiawi, Kuarsa memiliki unsur Silicon Dioxide atau SiO2. Silicon Dioxide sendiri adalah mineral tunggal yang ada di bumi. Umumnya, Kuarsa memiliki warna yang cenderung gelap seperti cokelat, ungu dan hitam. Warna lain seperti hijau dan biru sangat tergantung pada unsur campuran yang terdapat pada batu tersebut.

Mineral pada Kuarsa sendiri juga ada di semua jenis batuan. Kuarsa memang lebih banyak ditemukan di daerah-daerah Geologi, namun bisa juga ditemukan di daerah dengan batuan Sedimen biasa. Di Indonesia, batu Kuarsa bisa ditemukan di daerah Kalimantan dan juga Sumatera.

Ada beberapa ciri khusus yang membedakan batu ini dengan jenis batu lain, yaitu keberadaan Kristal dan batu tersebut. Secara umum Kristal Kuarsa bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Kuarsa Alpha dan juga Kuarsa Beta.jual bongkahan batu kuarsa

Artikel terkait.

Kuarsa Alpha adalah jenis Kuarsa yang Kristalnya terbentuk pada suhu di bawah 572 derajat Celcius. Sedangkan Kuarsa Beta adalah Kuarsa yang Kristalnya terbentuk pada suhu di bawah 572 derajat hingga 876 Celcius. Kuarsa Alpha merupakan jenis yang sering dijumpai, sedangkan Kuarsa Beta cukup sulit ditemui di pasaran dan terhitung langka.

Baca Juga: jenis Batu bacan dan cara membedakanya

Harga diri Kuarsa sendiri cukup bervariasi. Untuk kualitas rendah biasanya dihargai mulai puluhan ribu hingga 200 ribu Rupiah. Untuk kualitas yang tinggi harganya bisa mencapai jutaan Rupiah. Harga dari Kuarsa juga bergantung pada jenis, ukuran dan juga warna.

Tulisan terkait :
loading...
Ciri Batu Kuarsa Berkualitas | Penulis | 4.5