Cara Tes Keaslian Batu Ruby

Cara tes keaslian batu ruby.Keragaman jenis batu permata dan batu akik membuat para penggemar perhiasan ini selalu mencari batu-batu terbaik. Berbicara mengenai batu permata atau batu akik, tak lengkap rasanya jika tak menyebut nama Ruby. Ruby menjadi salah satu batu permata kelas atas yang banyak diburu oleh para penggemar gemstone.Bagaima Cara tes Keaslian Batu Ruby??

Ruby merupakan jenis batu permata yang pada umumnya berwarna merah, dengan variasi warna merah muda dan juga merah darah. Oleh banyak pecinta batu permata, Rubi disebut-sebut sebagai batu permata yang nilainya paling tinggi bersama Safir, Zamrud, dan juga Intan.cara tes keaslian batu ruby

Artikel terkait.

Batu Rubi sendiri memiliki tingkat kekerasan mencapai 9,0 Mohs. Kandungan dari batu ini sebagian besar adalah mineral. Tepatnya korondum mineral berupa Kristal alumunium oksida, yang dipercaya sebagai mineral dengan ketahanan paling lama di dunia.

Banyak sekali dan mudah untuk menemui jenis batu ini di pasaran. Namun banyak juga beredar batu Rubi aspal atau asli tapi palsu. Banyak cara untuk membedakan mana batu Ruby yang asli dan mana yang palsu. Cara yang digunakan bisa melalui pandangan mata, ciri-ciri fisik hingga menggunakan alat.

Berikut ini beberapa cara untuk mengetahui keaslian dari batu Ruby yang banyak dijual di pasaran.

1. Sinar dengan Cahaya

Cara pertama dan yang umum digunakan untuk mengetahui apakah batu Ruby itu asli atau bukan adalah dengan menyinari batu tersebut dengan cahaya dari senter. Batu Ruby dikenal mampu meneruskan cahaya yang menyinarinya. Maka dari itu, jika cahaya dari senter terlihat tembus, bisa dipastikan jika batu tersebut adalah asli.harga bongkahan batu ruby

2. Gores dengan Kaca

Artikel terkait.

Batu Ruby dipercaya sangat kuat dan mampu menggores benda lain. Dengan sifat tersebut, kita bisa mencoba untuk menggoreskan batu ini ke kaca. Jika sebuah kaca berhasil tergores maka batu Ruby tersebut adalah asli.

3. Serat pada Batu

Dalam melihat serat pada batu ini hendaknya menggunakan mikroskop atau kaca pembesar. Batu Ruby yang asli memiliki serat-serat halus yang terlihat melalui alat tersebut. Batu Ruby yang asli umumnya memiliki bentuk dan tekstur yang tidak sempurna, ini karena keberadaan serat-serat tipis di dalamnya.

Baca juga: Cara Tes keaslian batu pirus

Itu tadi beberapa cara sederhana untuk mengetahui keaslian dari batu Ruby yang ada di pasaran. Harga batu Ruby di pasaran sangat bervariasi. Mulai dari 500 ribu hingga belasan juta Rupiah.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Tes Keaslian Batu Ruby | Penulis | 4.5