Cara Tes Keaslian Batu Pirus

Cara tes keaslian batu pirus.Batu pirus sangat di cari orang karena keindahanya.karena kepopuleranya Tersebut,banyak jenis batu pirus ini yang di palsukan.cara tes keaslian batu pirus sangat mudah,salah satunya yang akan kami jelaskan seperti tulisan di bawah.Sebaiknya pahami serta cari tahu informasi tentang seluk beluk batu pirus ini agar tidak tertipu nantinya.

Berbagai jenis batu Akik menghiasi pasaran tiap harinya. Mulai dari jenis yang sudah lama ada seperti Giok atau Berlian, atau jenis-jenis baru. Ada pula jenis batu Akik yang memiliki ciri-ciri khusus seperti corak unik di batu tersebut. Salah satu batu dengan corak dan tekstur unik adalah Pirus.cara tes keaslian batu pirus

Artikel terkait.

Pirus merupakan batu yang mengandung unsur mineral yang tidak tembus oleh cahaya. Nama Pirus sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu Fairuz. Ciri khusus dari batu ini adalah mempunyai corak dan ornament berwarna emas. Warna dari batu ini cukup bervariasi mulai dari biru, hitam hingga abu-abu.

Penting Untuk di baca: cara tes batu merah delima asli dan palsu

Untuk segi kekerasan sendiri batu Pirus memiliki tingkat kekerasan pada skala 6 hingga 7 Mohs. Skala tersebut bisa dibilang cukup kuat untuk ukuran sebuah batu permata. Batu ini cukup terkenal dan sudah dikenal sejak 1000 tahun yang lalu.

Batu Pirus ini memang sudah ada sejak lama. Jadi tak heran kalau cukup sulit untuk menemukan Pirus yang asli di pasaran. Kebanyakan batu Pirus yang dijual di pasaran adalah palsu dan imitasi. Batu Pirus menjadi batu Mulia yang masuk kategori langka.

Agar tak salah membeli dan mendapatkan batu Pirus yang asli, ada beberapa cara untuk memastikan keaslian dari batu Pirus ini. Cara-cara yang bisa digunakan untuk membedakan batu Pirus asli dan palsu ini cukup mudah dan sederhana. Berikut ini beberapa cara tes keaslian batu pirusharga bongkahan batu pirus

1. Menciumnya

Artikel terkait.

Salah satu cara paling sederhana dan sangat mudah untuk mengetahui keaslian dari batu Pirus adalah dengan menciumnya. Caranya dengan mendekatkan batu Pirus yang akan diperiksa ke dekat bibir kita. Jika bibir kita ikut tertarik ketika menciumnya maka bisa dipastikan batu Pirus tersebut asalah asli.

2. Gunakan Jarum Panas

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan jarum yang sudah dipanaskan. Jarum yang sudah dipanaskan didekatkan ke batu Pirus yang akan diperiksa. Jika batu berubah menjadi kecokelatan maka bisa dipastikan batu tersebut adalah palsu.

Baca juga: cara tes keaslian batu mata kucing

Itu tadi beberapa cara sederhana yang bisa digunakan utnuk membedakan batu Pirus asli. Cara sederhana yang sudah digunakan bertahun-tahun tersebut bisa dibilang cukup bisa diandalkan.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Tes Keaslian Batu Pirus | Penulis | 4.5