Cara Perawatan Piyikan Cucakrawa Dengan Benar

Sistem pembesaran anakan yang sudah di lakukan oleh beberapa penagkar ada dua sistem.yaitu dengan membiarkan anakan di asuh oleh induknya sendiri atau di pelihara oleh penangkar dengan mengambil pada hari ke lima kemudia di rawat penangkar sendiri.Banyak para penagngkar menggunakan sistem pembesaran dengan di rawatnya sendiri.

Hal tersebut di lakukan karea melihat dari sisi ekonomi yang di kehendaki oleh penangkar.pembesaran piyikan cucakrawa yang di rawat oleh penangkar sendiri memberikan keuntungan yang berlipat di bandingkan pembesaran yang di lakukan oleh indukan cucakrawa itu sendiri.

Artikel terkait.

Setelah kita mengambil anakan cucakrawa dari kandang yang sudah berumur lima hari,penangkar harus menyiapkan beberapa peralatan untuk memberikan tindakan pada anakan cucakrawa tersebut.

Peralatan yang perlu di persiapkan antara lain ruangan ingkubator,lampu pijar,temperatur ruangan dan kertas koran yang di gunakan untuk tatakan.images (1)

Selanjutnya anakan cucakrawa yang telah berumur lima hari kita masukan ke ruangan ingkubator tersebut,akan tetapi,terlebih dahulu kita mengatur suhu ingkubator seperti suhu di waktu mengeram yaitu 28c sampai 30c.

Suhu tersebut harus selalu di awasi setiap 2 jam sekali dan jika suhu melebihi yang sudah di tetapkan,anda bisa mengeserkan anakan cucakrawa agak menjauh dari lampu pijar.jika kurang suhunya,maka anakan cucakrawa di dekatkan dengan lampu pijar tersebut.

Lain halnya jika anakan di besarkan oleh induknya sendiri,indukan meloloh anakan dari menetas sampai anakan dapat memakan makanan sendiri.induk burung akan memilih dan memberikan jenis pakan yang sesuai dengan anaknya.

Pada tahap penyuapan ini pemberian ekstra berupa serangga jangan sampai terlembat agar pertumbuhan anakan tidak mengalami kegagalan.setelah anakan cucakrawa mulai keluar dari sarangnya,jumlah pakan perlu di tambah,pada tahap ini,anakan burung akan selalu meminta disuapi dan kelihatanya selalu lapar.

Pembesaran oleh penangkar di lakukan saat anakan cucakrawa berumur lima hari.keuntungan dari pembesaran anakan oleh si penangkar adalah sebagai berikut.

  1. Indukan cepat bertelur lagi,biasanya satu minggu setelah anakan di ambil dari sarangnya.
  2. Anakan lebih akrab dengan manusia atau tidak liar.
  3. Cucakrawa hasil penagkaran akan menghasilkan suara kicauan yang lebih indah.
  4. Burung juga lebih mudah untuk di latih sehingga suaranya bisa di sesuaikan dengan keinginan pemeliknya dengan cara di master dengan menggunakan suara burung yang di kehendaki.
  5. Saat di sertakan lomba,burung hasil penagkaran tidak gampang stres menghadapi lingkungan yang baru.

Untuk menjadikan anakan cucakrawa untuk lebih cepat besar di mana saat kita ambil anakan baru berumur lima hari di tetaskan oleh induknya,kita perlu memperhatikan cara perawatan dari anakan tersebut.pola pemberian pakan yang kita perlu lakukan agar pertumbuhanya bisa lebih cepat besar dengan cara memberikan pakan yang memenuhi syarat sebagai berikut.

  • Pakan dari pelet kita campur menggunakan air matang supaya seperti bubur.
  • jangkrik bondol.
  • Vitamin B komples sirup.
  • Kalsium sirup.
  • Air matang.

Cara pemberian pakan atau meloloh anakan harus kita lakukan seperti berikut.

  • Pakan atau pelet di campurkan dengan air matang sehingga menjadi bubur,selanjutnya di bentuk bulat seperti biji jagung untuk memudahkan kita meloloh kapada anakan cucakrawa tersebut.
  • Pelet yang sudah kita bulatkan tadi kita lolohkan kepada anakan cucakrawa.
  • Berikan air minum.
  • Selanjutnya berikan satu tetas vitamin B kompleks untuk satu hari diberikan sebanyak 3 kali.
  • Dengan jarak waktu selama dua menit kita berikan lagi anakan cucakrawa dengan jangkrik bondol,akan tetapi sebelumnya kepala dan kaki jangkrik bondol tersebut sudah di potong.
  • Selang dua menit,kita berikan lagi kalsium untuk pertumbuhan tulang dengan dosis 1 tetas juga sehari 3 kali.

Selanjutnya kita akan berikan makanan tersebut kepada anakan cucakrawa setiap 1 jam sekali.untuk selanjutnya anakan yang sudah berumur 7 hari,tetap kita lakukan penjemuran dari pukul 7 sampai 7.30 pagi hari.kemudian setelah selesai melakukan penjemuran,kita mulai lagi untuk memberikan pakan kepada anakan tersebut dengan menu yang sudah di jelaskan di atas.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Perawatan Piyikan Cucakrawa Dengan Benar | admin | 4.5