Cara Perawatan Burung Merpati Segala Jenis

Cara perawatan burung merpati segala jenis.Sewaktu orang berminat memelihara burung merpati segala jenis, sering hal itu disertai dengan harapan, sesuai dengan sasaran pemeliharaannya merpati tersebut. Hasil pemeliharaan akan banyak bergantung pada segi perawatan terhadap burung merpati ini. Dalam hal ini maka kesehatan burung banyak berkaitan dengan kebersihan dalam arti luas, yaitu baik kebersihan kandang, kebersihan tempat bertelur (kotak sarang), maupun kebersihan yang berkaitan dengan makanan dan minuman burung.

Sewaktu menyediakan tempat bagi burung hendaknya kita mengutamakan kenyamanan bagi burung, baru kita mempertimbangkan faktor pengaruh penempatan kandang itu terhadap lingkungan kita. Sebenarnya kita sulit untuk membuat burung merasa nyaman dengan fasilitas akomodasi yang kita berikan.perawatan burung merpati segala jenis

Artikel terkait.

Asalkan tempat yang kita sediakan (kotak sarang di tempat terbuka, kandang besar atau sangkar) itu bersifat terbuka, dalam arti aliran udara (ventilasi) baik, tetapi tidak terlalu banyak angin yang berhembus kuat dari satu arah (draught). Kehadiran sinar matahari sangat perlu, sebab burung memerlukan panas. Dan sinar matahari dapat memberikan sebagian dari keperluan kesehatannya.

Sesuai dengan dengan perencanaan dan pembuatan kandang/sangkar, maka tempat-tempat bagi burung ini harus mudah dibersihkan. Sehingga kita mampu membersihkannya secara berkala. Dengan demikian burung akan terbebas dari binatang-binatang kecil (tungau, dan sebagainya) dan penyakit.

Bahkan pihak yang menyadari akan pentingnya kebersihan itu bagi burung mengusulkan agar sedikitnya setahun sekali kita memindahkan semua burung untuk sementara dan mencuci kandang keseluruhannya, menyemprotnya kembali. Sekarang banyak dijual Lysol atau sejenisnya yang dapat dipakai untuk membersihkan kandang.

Tindakan membersihkan kandang tampaknya berlebihan atau melelahkan, tetapi apa yang dilakkukan itu sebenarnya akan lebih menjamin kandang dari jamahan berbagai penyakit dan kemungkinan gangguan dari binatang-binatang kecil.

Ada orang yang menaburkan pasir atau serbuk gergaji di lantai kandang bersemen atau lantai papan untuk menyerap kotoran burung. Bahan ini membantu mempermudah kita untuk menyapu dan membersihkan lantai dari kotoran.

Setiap kali anak burung lahir, ada pula orang yang mengusulkan agar kotak sarang atau mangkok sarang diberi bubuk pembasmi hama. Kita belum menemukan ini di pasaran, tetapi serbuk tembakau dapat dipakai untuk keperluan ini, yang kita letakkan di bagian bawah bahan saranng agar binatang-binatang pengganggu menjahui sarang.

Artikel terkait.

Sebenarnya merpati akan selalu menjaga dirinya agar tetap bersih bila diberi kesempatan itu. Burung ini senang mandi. Di wilayah yang panas seperti negara, maka burung ini hendaknya diberi kesempatan mandi seminggu tiga kali.

Konstruksi tempat mandi terbaik adalah datar dan tidak terlalu dalam. Setelah air itu dipakai mandi, hendaknya air diganti lagi untuk keperluan mandi berikutnya. Juga agar diusahakan air mandi ini jauh dari air minum. Hendaknya air untuk mandi tidak dipakai sebagai air minum bagi burung.

Mandi ternyata mempunyai arti tersendiri bagi burung-burung yang sedang mengeram. Kelemapan yang ada pada bulu-bulu burung dapat membuat kulit telur menjadi lembek sehingga mudah dipecah oleh anak burung yang akan keluar pada saat menetas.

Tanpa itu kulit telur dan selaput yang ada di dalamnya menjadi liat dan kuat sehingga pada saatnya menetas anak burung boleh jadi tidak mampu mecahkan kulit telur itu, sehingga tidak mampu keluar.

Bagi penggemar merpati yang memeliharanya dengan tujuan tertentu, d mana kemurnian maupun perkawinan campuran yang disengaja perlu pengawasan, maka salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mmberikan tanda pada kaki burung. Untuk ini kita dapat memakai cicin yang digelangkan pada kaki.

Cincin yang dapat dibuka dapata dimasukkan ke kaki burung sewaktu burung masih kecil (berumur beberapa hari, di mana tulang jari kaki burung masih lunak). Burung juga dapat diberi cincin yang dapat dibuka. Salah satunya adalah dengan memberikn cincin kawat yang dibungkus plastik berwarna, satu cara yang paling mudah.

Dengan adanya tanda-tanda tersebut maka kita dapat melakukan pengawasan dan membuat catatan-catatan bagi perkembangan burung. Hal inipenting, kalau kita memang menghendaki hasil penangkaran yang terarah.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Perawatan Burung Merpati Segala Jenis | Penulis | 4.5