Cara Pengobatan Untuk Burung Yang Sakit

Menangani Serta cara pengobatan untuk burung yang sakit diperlukann kandang isolasi yang dilengkapi dengan lampu penghangat berupa sebuah lampu pijar (bohlam) berkapasitas 40-60 watt umumnya bohlam 50 watt. Jika burung peliharaan menunjukkan gejala sakit maka dapat langsung diberikan pertolongan sementara agar mendapatkan tindakan sementara. Tindakan pertolongan ini meliputi beberapa hal.burung sedang sakit

1. Memberikan kehangatan pada tubuh burung

Artikel terkait.

Burung yang sakit diisolasi, dipisahkan dari burung lain yang sehat.Burung itu dimasukkan ke dalam sebuah sangkar yang telah diberi alas koran. Disediakan sedikit minum. Berikan kehangatan pada tubuh si burung melalui lampu pijar berkapasitas 60 watt. Untuk mengurangi sinar dari lampu dapat diberikan penghalang berupa kain atau kertas. Perlu diperhatikan agar bahan penghalang sinar lampu tidak mudah terbakar, suhunya pun sebaiknya tidak melebihi 37 derejat C.

2. Memberikan pakan ekstra

Berikanlah pakan ekstra yang mempunyai kandungan gizi tinggi, dan sayuran jagung. Pakan ini diberikan dalam bentuk bubur (jus). Jika burung menolak untuk makan sendiri maka harus dipaksakan, dilolohkan langsung (dicekokkan) langsung ke mulutnya denganĀ  memakai alat spuit. Hal ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar tidak salah memasukkan pakan ini ke saluran pernapasan.

3. Memberikan minuman

Burung yang sakit akan jarang miinum. Padahal, pada saat sakit burung akan lebih banyak buang air dengan kondisi feses yang lebih encer sehingga dapat menyebabkan dehidrasi (hilangnya cairan tubuh). Keadaan sperti ini dapat diatasi dengan cara memberikan pakan yang banyak mengandung air, misalnya sayuran jagung. Dengan cara ini maka bahaya dehidrasi dapat diperkecil.

4. Memberikan ketenangan

Artikel terkait.

Burung yang sakit juga membutuhukan ketenangan lingkungan. Dengan lingkungan yang tenang maka bahaya stres dapat diperkecil karena stres akan memperburuk kondisi tubuh burung. Sebaiknya dihindari pandangan dan suara manusia, burung, hewan lain, atau bendda apa pun yang dapat menimbulkan gangguan pada burung yang sakit.

PENYAKIT

Penyakit merupakan faktor utama yang menyebabkan kematian pada makhluk hidup. Pada burung parkit banyak jenis penyakit yang sering menjangkitnya. Akan tetapi berbagai penyakit burung parkit ini dapat dicegah atau diminimalisir dampaknya terhadap ternak kita. Dengan menjaga kebersihan kandang dan pola makan burung parkit. Berikut kami sampaikan berbagai macam penyakit yang menyerang burung parkit:

Diare

Penyakit yang sering muncul menyerang parkit adalah diare. Parkit yang terkena diare umumnya burung parkit tersebut terkena angin secara langsug, minum yang berlebihan atau sering disebut dengan water bloating, dan kebersihan kandang yang tidak terjaga. Hal ini dapat diatasi dengan menutup sekitar kandang agar tidak terkena angin secara langsung dan memberikan obat-obatan. Penyakit seperti diare disebabkan juga karena pola makan yang tidak tepat, misalnya pemberian sayuran yang terlalu banyak dan air minum yang terlalu banyak.

Ini menyebabkan burung menderita water bloating atau kelebihan konsumsi air dari kandungan sayuran dan air minum sehingga burung menjadi diare. Obat alami yang sering dipakai oleh para peternak burung parkit adalah pucuk daun jambu biji dan daun nangka.

Daun nangka dan daun jambu biji ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diare karena adanya kandungan astringen, zat kimia yang dapat menyebabkan pengerutan selaput lendir setelah pemberian obat yang mengandung astringen tersebut.

Selain itu daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena disentri. Pembunuh bakteri lain dalam buah ini adalah karetinoid, vitamin C dab potasium. Ekstra daun jambu biji terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare yaitu Staphylococcus aureus dan E. coli.

Selain dengani menggunakan daun jambu biji dan daun nangka, kita bisa memberikan obat yang dapat ditemukan di toko pakan ternak. Ketentuan dosis yang digunakan untuk burung parkit atau burung kecil sudah tertera dalam bungkus obat tersebut.

Peyakit merupakan hal wajar dalam peternakan, baik itu disebabkan oleh virus atau bakteri. Skala penyakit ini bermacam-macam dari yang menyebabkan kerugian/kematian kecil atau besar. Penyakit seringkali menyerang burung parkit yang relatif muda karena kekebalan burung ini belum sempurna. Penyakit pada burung parkit ini sering membuat peternak frustasi dan akhirnya gulung tikar.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Pengobatan Untuk Burung Yang Sakit | Penulis | 4.5