Cara Penebaran benih Ikan Nila Ke Dalam kolam

Keputusan untuk membeli atau mendatangkan benih ikan Nila guna kegiatan pembesaran tentu saja dapat di lakukan apabila wadah pembesaranya memang sudah siap secara teknis.Setelah benih ikan nila tiba di lokasi,suhu air di dalam kantong di sertakan dengan suhu air dalam wadah kolam pembesaran.

Hal ini dapat kita lakukan dengan cara menempatkan kantong plastik di atas air dan membiarkanya sekitar 5-15 menit,tergantung kondisi benih di dalam kantong tersebut.

Jika ternyata kondisi benih di dalamnya lemah,sebaiknya kantong plastik langsung di buka.kemudian di masukan kedalam wadah pembesaran sedikit demi sedikit sehingg suhu air di dalam kantong kurang lebih sama dengan suhu air di dalam wadah pembesaran.tujuan lainya adalah agar benih dengan relatif cepat mendapatkan pertolongan pertama saat memperoleh iar segar.semua proses ini di kenal dengan sebutan aklimatisasi.images (5)

Jika kondisi benih yang akan di tebar tidak terlalu sehat,perlu di lakukan suci hama,caranya benih ikan di pendam dalam sebuah larutan kalium permanganat dengan konsentrasi 4-5 ppm dalam waktu 15-30 menit.hal ini di lakukan agar ikan tidak terinveksi serangan penyakit.

Pada penembaran benih ikan Nila dalam untuk kolam air tenang adalah 15 ekor/m2.nilai ini tidak bersifat mutlak,akan tetapi sebagai patokan menggunakan pakan di bawah standar untuk menggunakan sumber bahan pakan yang kandungan proteinya di bawah 26%,padat tebar bisa di kurangi hingga 5 ekor.

Kwalitas air selama pemeliharaan sangat menentukan daya dukung wadah,artinya,semakin baik kwalitas air wadah budi daya,akan semakin tinggi kemampuanya uuntuk mendukung pertumbuhan ikan.

Pemberian Pakan Setelah Penaburan Benih.

Ikan nila tidak selalu mempu mencerna pakan alami yang mampu di cerna oleh jenis ikan lainya.oleh karena itu,kurang tepat anggapan yang menyatakan bahwa kebutuhan gizi ikan nila sangatlah sederhana dan hanya mengandalkan dari alam.nutrisi yang di butuhkan oleh ikan nila relatif sama dengan yang di butuhkan oleh ikan-ikan tropis lainya.

Artikel terkait.
Tulisan terkait :
loading...
Cara Penebaran benih Ikan Nila Ke Dalam kolam | admin | 4.5