Cara Pembibitan Ikan Gurami Kualitas Unggul

Banyak para petani gurami menyatakan bahwa kondisi budidaya pada masing-masing daerah sangat bervareasi.walaupun sistem dan lahan yang di gunakan sama,akan tetapi hasil yang di dapatkan sangat bervareasi.bahkan ada juga ynag gagal sama sekali.

Hal itu pula yang menjadi salah satu kendala dalam upaya pengembangan usaha budidaya gurami.oleh karena itu,upaya pengadaan benih yang baik dan tepat waktu sangat perlu untuk di tingkatkan melalui usaha pembenihan yang intensif secara tepat.

Artikel terkait.

Usah pembenihan ikan gurami dapat di lakukan oleh siapa saja.namun sangat di sarankan bagi pemula yang akan memulai usaha di bidang ini sebaiknya terjun terlebih  dahulu ke usaha pembesaran yang tidak serumit poses pembenihan.selain itu,pada proses pembesaran kondisi ikan sudah cukup kuat di bandingkan dengan kondisi benih.unduhan (7)

sarana dan prasarana pembenihan ikan gurami yang harus ada di antaranya sumber air,wadah,ruangan pembenihan,peralatan pendukung dan obat-obatan.

Sumber Mata Air.

Kualitas air yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan gurami yang akan di pijahkan.oleh karena itu,air yang akan di gunakan untuk pembenihan harus di ketahui kwalitas dan sumbernya tidak semua sumber air cocok dan baik untuk pembenihan ikan gurami.

Air yang berasal dari mata air cukup bagus dan ideal untuk di gunakan usaha pembenihan.hal tersebut karena mata air relatif masih bersih dan belum tercemar oleh zat kimia dan bahan pencemar lainya.selain itu,air dari mata air biasanya memiliki kandungan oksigen yang cukup tinggi dan relatif bebas dari hama serta penyakit.

Air sumur adalah air yang sangat mudah sekali di dapatkan.air yang berasal dari sumur juga cukup baik untuk di gunakan karena relatif masih bersih,jernih dan relatif tidak ada sumber penyakitnya.namun kandungan oksigen pada air sumur sangat rendah sebab air ini diam tidak bergerak atau mengalir.

Artikel terkait.

Air sunga juga sangat mudah di dapatkan.kandungan oksigen air sungai sangat tinggi karena air tersebut mengalir.air yang berrasal dari sungai atau saluran irigasi memiliki tingkat keseburan yang sangat tinggi sebab banyak mengandung kutu air atau jasad renik yang merupakan pakan alami larva ikan.namun air  sungai banyak mengandung partikel-pertikel sehingga akan lebih tanpak keruh.

Jika air sungai tidak di endapkan terlebih dahulu,di kawatirkan akan mempengaruhi kinerja ingsa sehingga dapat menganggu sistem pernafasan ikan.selain itu,air yang berasal dari sungai biasanya telah tercemar berbagai bahan.daya tetas telur gurami yang menggunakan air sungai biasanya rendah,akan tetapi tingkat kelulusan hidup larva cukup tinggi.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Pembibitan Ikan Gurami Kualitas Unggul | admin | 4.5