Cara pembesaran Ikan Nila Dengan Cepat Dalam Kolam Tanah

Kali ini kita akan membahas tips dan trik bagaimana cara pembesaran ikan Nila pada sebuah kolam tanah dengan cepat.penggunaan kolam tanah sebagai wadah pembesaran karena biyaya serta perawatanya kolam tanah lebih murah serta tidak banyak mengeluarkan modal.kolam tanah ini juga banyak di terapkan oleh para pembudidaya ikan nila ataupun ikan-ikan lainya.

Alasan pembambahasan menggunakan kolam ini juga kerena prinsip dalam kegiatan pembesaranya memiliki tingkat kesamaan dengan tipe kolam ikan lainnya.semua teknologi pembesaran khususnya untuk menghasilkan ikan nila konsumsi hanya dalam 2-3 bulan bahkan bisa saja kurang dari itu.

Artikel terkait.

Kunci utama untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menggunakan benih yang berkawalitas,pemilihan lokasi budidaya yang sesuai dengan persyaratan usaha,penggunaan pakan yang berkwalitas dan pengontrolan selama masa budidaya.

Mempersiapkan Kolam Ikan.

Langkah pertama untuk membangun sebuah kolam tanah adalah memastikan bahwa konstruksi dinding kolam tersebut kokoh dan mampu menampung air serta tidak bocor dan di lengkapi dengan keluar masuknya tempat air.termasuk ke dalam jenis kolam tanah adalah jika hanya dasar kolam saja yang terbuat dari tabah,sedangkan didingnya terbuat dari bahan lain seperti plastik terpal atau bahkan susunan batu dan semen.unduhan (3)

Untuk memudahkan dalam pemanenan total,kola sangat perlu jka di berikan kobakan,yaitu berupa kolam kecil yang di bangun di dekat saluran pengeluaran air.sistem pengairan yang sesuai untuk kolam tanah adalah air tenang dan air mengalir,sesuai dengan namanya,sistem kolan iar tenang di kembangkan dengan pergantian air yang minim.air baru di masukan ke dalam kolam hanya jka ketinggian air mengalami penurunan karena faktor penguapan.

Sebernarnya produktifitas kolam ini masih bisa di tingkatkan dengan cara demikian.yang pertama kolam tanah di bangun dengan kedalaman 1,5-2 meter yang disebut kolam dalam.berikut ini jika anda menggunakan kolam budidaya ikan yang dalam.

  1. Kolam dalam akan memberikan ruang yang lebih baik di bandingkan kolam yang dangkal.tentu saja hal ini dapat dengan mudah di pahami,bahwa peningkatan kedalaman air akan mengkatkan volume air per satu luas yang sama.dengan demikian pada ikan nila dengan kolam dalam dapat di tingkatkan hingga dua kali lipat per satuan luas yang sama.
  2. Meningkatkan kestabilan suhu air,di satu sisi perubahan suhu air di akibatkan oleh perubahan suhu udara dan penetrasi sinar matahari.sementara di sisi lain,air memiliki kemampuan untuk mempertahankan agar suhunya tetap stabil melalui sistem kandungan panas yang telah di serap dari lingkunganya.
  3. Merupakan betuk pendekatan sistem pemeliharaan di keramba jaring apung.jika daerah perkolaman jauh dari waduk,cara seperti ini sangat perlu di coba.kedalam air 2 meter juga memungkinkan untuk memodifikasi kolam dengan cara menampatkan jaring apung di atasnya.

Cara lain untuk meningkatkan produktivitas kolam adalah dengan melengkapi sistem aerasi yang memadai.tujuanya untuk meningkatkan kandungan oksigen terlarut dalam air.terdapat sisitem aerasi yang bisa di terapkan.pertama adalah dengan menggunakan mesin blower dan kincir air.

Artikel terkait.

Cara lain yang sangat sederhana adalah memodifikasi sistem aliran air yang akan masuk ke areal perkolaman.jika perairan air yang menunju ke perkolaman tergolong deras maka perlu di buatkan pemecah arus.

Tulisan terkait :
loading...
Cara pembesaran Ikan Nila Dengan Cepat Dalam Kolam Tanah | admin | 4.5