Cara Pembenihan Ikan Gurami di Akuarium

Cara pembenihan ikan gurami di akuarium yang akan kita gunakan dalam usaha pembenihan dapat berfungsi sebagai tempat penetasan telur dan tempat pembesaran larva untuk di jadikan benih ikan gurami menjadi ukuran tertentu.ukuran akuarium yang bisa di gunakan sesuai keinginan petani sendiri,akuarium yang lebih besar akan lebih bagus serta kuat menampung volume air serta benih ikan lebih banyak.

Untuk jumlah akuarium yang di gunakan di sesuaikan dengan jumlah telur dan larva yang di hasilkan.setiap satu buah akuarium penetasan idealnya di isi telur sebanyak kurang lebih 2000 butir dan tergantung dari besar akuarium itu sendiri.images (19)

Artikel terkait.

Seetelah telur tersebut menetas menjadi larva,jumlah tersebut di pertahankan hanya kurang 13 hari.benih yang telah seukuran gabah/beras kepadatanya bisa di kurangi.selanjunya benih yang telah berukuran sebesar kuaci,benih di kurangi lagi begitu seterusnya jangan sampai benih tersebut terlalu padan di dalam akuarium.

Sebaliknya akuarium-akuarium tersebut di susun di rak-rak yang dapat di buat menjadi besi kayu.rak ini dapat menghemat lahan atau ruang yang tersedia hingga jumlah akuarium dapat di letakkan secara maksimal.setiap akuarium di lapisi dengan karet atau busa.

Untuk selanjutnya,anda perlu membuat kolam penampungan induk yang berfungsi untuk mematangkan induk yang baru di beli.selain itu,di kolam ini kontrol kesehatan induk dapat kita lakukan lebih mudah.kolam ini sebaiknya berupa kolam tanah atau setidaknya menggunakan tanah sebagai dasarnya.

bisanya kolam penampungan induk di buat dekat kolam pemijahan.hal tersebut di buat untuk memudahkan pemindahan induk yang telah siap di pijah ke kolam pemijahan.lokasi kolam persiapkan sebaiknya berada di daerah yang tenang.tidak ada lalu lalang orang,aman dan berada di tempat yang agak teduh.

Dikolam penampungan ini akan lebih baik jika di antara induk jantan dan induk betina di pisah.oleh karena itu,kolam persiapan dapat di buat menjadi dua tempat atau di sekat jika ukuranya luas.yaitu masing-masing untuk induk jantan dan induk betina.

Apabila induk jantan dan betina di jadikan satu dalam kolam persiapan,di kwatirkan akan menjadi pemijahan liar yang tidak di ketahui oleh pemijah yang dini sehingga akan sulit untuk mengontrol telur yang di hasilkan.sebelumnya gunakan,kolam terlebih dahulu keringkan selama 2-4 hari,namun kolam tidak perlu di pupuk

Artikel terkait.
Tulisan terkait :
loading...
Cara Pembenihan Ikan Gurami di Akuarium | admin | 4.5