Cara Menyusun Formula Pakan Ayam

Menyusun pakan juga bisa diartikan dengan membuat pakan sendiri. cara menyusun formula Pakan ayam yang dibuat harus berdasarkan kebutuhan ayam yang dipelihara. Tujuan dari pembuatan pakan ayam sendiri sebenarnya adalah menekan biaya produksi sehingga biaya pakan tidak membengkak. Namun, untuk membuatnya, diperlukan formulasi atau susunan bahan baku sehingga akan tercipta pakan dengan kualitas sesuai dengan ayam yang dipelihara.

Dalam menyusun formulasi pakan, ada beberapa cara yang dapat diterapkan. Beberapa diantaranya sudah banyak diaplikasikan oleh peternak, antara lain metode bujur sangkar person (square pearson method), cara coba-coba (trial and error), metode komputer (program excel), dan cara otomatis.

Artikel terkait.

Saat ini, sudah banyak program formulasi pakan yang beredar. Namun, untuk mendapatkan formulasi pakan yang baik, pemilihan dan penggunaan bahan baku di dalamnya sangat berperan penting dan harus disesuaikan dengan kebutuhan ternak.pakan ayam pedaging

Bujur sankar pearson merupakan cara menyusun formula ransum yang sangat sederhana dengan satu nutrien sebagai pembatas seperti protein mineral, energi, ataupun mineral. Bujur sangkar pearson dapat digunakan untuk menentukan kombinasi konsentrat dengan bahan baku pakan sumber energi seperti contoh di bawah ini.

Contoh 

Peternak akan membuat ransum broiler starter yang mengandung protein sebesar 22%. Pakan dibuat menggunakan konsentrat broiler starter dengan jagung kuning.  Konsentrat mengandung protein sebesar 41% dan jagung kuning mengandung protein sebesar 8%. Berapa persentase konsentrat dan jagung yang digunakan untuk  menyusun pakan tersebut. Berapa banyak konsentrat dan jagung yang digunakan untuk menyusun pakan sebanyak 1,5 ton?

Langkah 1. Membuat segiempat person

Langkah 2 Menghitung persentase konsentrat dan jagung kuning

Artikel terkait.
  • Bagian konsentrat                     : [14/(14+19)] x 100 = 42,4%
  • Bagian jagung kuning              : [19/(14+19)] x 100 = 57,6%

Langkah 3. Menghitung jumlah konsentrat dan jagung kuning yang akan dicampur                                                                                                                                            Kebutuhan konsentrat dan jagung kuning untuk 1,5 ton pakan.

  • Konsentrat              : (42,4/100) x 1.500 kg = 636 kg
  • Jagung kuning       : (57,6/100) x 1.500 kg = 864 kg

Contoh 

Peternak ingin menyusun pakan broiler starter yang mengandung protein kasar 22%. Pakan dibuat dengan menggunakan konsentrat yang mengandung protein kasar sebesar 41% dicampur dengan jagung kuning dan dedak padi.

Peternak ingin menggunakan dedak padi lebih banyak karena harganya lebih rendah sehingga perbandingan jagung dan dedak yang diinginkan sebesar 1:2. Jagung mengandung protein kasar sebesar 8% dan dedak padi mengandung protein kasar 11%.

  • Berapa persen konsentrat, jagung, dan dedak padi yang harus dicampur untuk menghasilkan pakan broiler?
  • Berapa kg konsentrat, jagung, dan dedak yang digunakan untuk membuat 2,5 ton pakan?

Langkah 1. Tentukan persentase kandungan protein campuran jagung dan dedak padi (perbandingan 1:2).

= (1 x 8%) + 2 x 11%) = 10%

(1+2)

Langkah 2. Membuat segiempat person dari konsentrat dan campuran jagung dan dedak padi

Langkah 3. Menghitung persentase penggunaan konsentrat, jagung, dan dedak padi.

  • Bagian konsentrat                                                                  = [12/(19 + 12)] x 100 = 38,7%
  • Bagian campuran jagung dan dedak                                  = [19/(19 + 12)] x 100 = 61,3%
  • Bagian jagung kuning                                                            = 1/3 x 61,3                    = 20,4%
  • Bagian dedak padi                                                                  = 2/3 x 61,3                    = 40,9%

Langkah 4. Mengecek apakah komposisi bahan pakan yang telah dihitung sudah mengandung protein kasar sesuai dengan yang diinginkan.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Menyusun Formula Pakan Ayam | Penulis | 4.5