Cara Menjodohkan Burung Kacer Bakalan

Cara menjodohkan burung kacer bakalan memang tergolong gampang-gampang susah.hal pertama yang harus kita lakukan untuk menj0dohkan burung kacer bakalan adalah dengan cara memisahkan indukan jantan serta induk betina burung kecer untuk beberapa hari kedepan.setelah kita pisahkan selama kurang lebihnya 3-4 hari,baru kedua calon indukan tersebut di pertemukan agar masing-masing pasangan saling pendekatan terlebih dahulu dan saling mengenal.

Dalam menangkarkan burung kacer,kita bisa menggunakan kandang apa adanya saja,kandang tidak harus bagus dan permanen,seadanya serta tidak juga harus kandang yang berukuran besar.kita bisa menggunakan kandang yang terbuat dari kawat kassa.selanjutnya kita masukan kotak sarang sebagai tempat wadah telur nantinya,kotak bisa kita buat dalam bentuk persegi.

Artikel terkait.

Selanjutnya kita masukan induk burung yang betina terlebih dahulu,ingat induk betina harus yang sudah berumur.berumur dalam arti indukan sudah siap kawin.lalu untuk induk jantan kacer kita taruh dulu di tempat yang agak berjauhan,yang pastinya kedua induk tersebut tidak bisa sling melihat satu dengan yang lainya.kedua induk tersebut hanya bisa mendengar dari ocehan masing-masing burung tersebut.images (3)

Dengan kita melakukan cara demikian,akan dengan cepat sang induk burung kacer yang betina akan terpancing birahinya,ia akan merasa gelisah ketika mendengar suara ocehan induk kecer tersebut.jika ia sudah membelas ocehan induk yang jantan,maka ocehan kedua indukan burung tersebut akan saling bersahutan.yang artinya mereka siap untuk di pertemukan.

Setelah kita mengetahui respon kedua indukan,untuk sangkar indukan jantan bisa kita pindahkan lebih dekat dengan yang betina,bisa kita gantung secara berdekatan dengan induk betina.lakukan cara ini beberapa hari,sampai kita melihat aktifitas dari sang induk yang akan sedang menyiapkan sarangnya dengan memunguti bahan sarang untuk di tempatinya bertelur.

Setelah proses ini,kita langsung bisa memasukan induk jantan kedalam sangkar induk betina.perlu di ingat,pastikan anda memasukan induk jantan pada sore hari,menjelang adzan magrib.sebab waktu tersebut adalah waktu yang paling pas untuk kedua indukan saling beristirahat.

Selama dalam proses perjodohan ini,kita lakukan pengamatan secara teliti,jika kedua indukan tersebut sudah saling berjodoh,serta sudah timbul tanda-tanda birahi muncul,bisa kita pasttikan,kedua indukan burug tersebut akan segera melakukan perkawinan.

Tahap selanjutnya kita cuma harus selalu mengamati perkembangan kedua indukan tersebut,tak jarang pasangan pengatin beru tersebut juga sering tidak akur,sebab ada salah satu burung yang bersikap lebih agresif,menyerang pasanganya.jika hal tersebut terjadi,mungkin ada beberapa faktor penyebab yang di antaranya adalah.

Artikel terkait.
  • Salah satu indukan burung mengalami kelebihan birahi.cara yang harus kita lakukan dengan memberikan pakan tambahan yang bisa berupa poding.
  • biasanya umur induk juga mempengaruhi hal tersebut.jika salah satu indukan masih tergolong masih muda,hal tersebut akan selalu terjadi.cara yang harus kita tempuh dengan menganti dengan indukan yang sudah cukup umur.
  • Apabila kita temukan indukan yang jantang lebih agresif dengan yang betina,kita bisa menganti induk betina yang memiliki umur lebih tua dari pada induk yang jantanya.

Hal yang harus penangkar lakukan dalam tahan menjodohkan indukan burung kacer adalahkita harus selalu sering memantaunya dengan teliti.hal ini perlu kita lakukan,jika terjadi sesuatu hal pada kedua indukan burung tersebut,langkah-langkah pencegahan langsung bisa kita lakukan.semoga bermanfaat…

Baca Juga: Mengisis susuk pada burung kacer bakalan

 

Tulisan terkait :
loading...
Cara Menjodohkan Burung Kacer Bakalan | admin | 4.5