Cara Mencampur Ransum Untuk Pakan Sapi

Ransuam yang paling baik untuk pakan sapi adalah Ransum yang terdiri dari konsentrat dan pakan hijauan.cara mencampur ransum untuk pakan sapi bisa kita lakukan dengan mudah.dalam pemberian ransum sapi.pemberian pakan berupa hijauan harus di berikan terpisah dengan pemberian konsentrat.oleh sebab itu,teknik serta cara memberikan dan mencampur ransum yaitu teknik mencampur konsentrat.

Teknik mencampur konsentrat dapat kita lakukan dengan cara menggunakan tenaga mekanis serta secara manual.teknik mencampur konsentrat dengan menggunakan tenaga mekanis umumnya di lakukan oleh para pabrik kusus pakan ternak.sedangkan dengan cara manual,umumnya di lakukan oleh para peternak untuk di gunakan sendiri.images (12)

Artikel terkait.

Teknik mencampur konsentrat yang paling baik akan menghasilkan campuran yang benar Homogen.jenis ataupun bahan yang kita formulasikan dalam sustu.formula konsentrat tidak akan sama jumlahnya.mungkin saja jumlah mineral dalam formula konsentrat lebih sedikit di bandingkan dengan jumlah bahan pakan lainya.

Pencampuran bahan pakan secara manual memerlukan teknik tertentu agar dapat di peroleh campuran yang benar-benar pomogen.

sebaliknya,pencampuran konsentrat dengan menggunakan tenaga mekanis untuk mencapai pencampuran homogen tidak mengalami masalah.teknik pencampuran konsentrat secara manual dapat kita lakukan sebagai berikut ini.

  • Siapkan wadah yang telah di bersihkan untuk tempat bahan konsentrat yang akan di campur.
  • Siapkan bahan pakan yang akan kita gunakan untuk di campurkan konsentrat.
  • Siapkan alat yang akan kita gunakan untuk mencampur konsentrat sebagai contoh timbangan,sekop,ember serta alat lainya.
  • Bahan pakan yang terbanyak dalam formula konsentrat tersebut kemudian di timbang dan di taruh pada tempat yang telah di sediakan dalam bentuk lingkaran.
  • Bahan pakan keduan terbanyak di timbang kemudian di taruh di atas bahan pertama tadi.
  • Bahan ketiga terbanyak di timbang kemudian di taruh di atas bahan kedua tadi.begitu seterusnya sampai pada bahan yang paling sedikit dan terahir.
  • Setelah semua bahan pakan yang akan kita gunakan dalam formula ransum sudah tertimbang dan telah tersesun pada tempat yang telah di sediakan,tumpukan bahan pakan tersebut di bagi menjadi empat bagian.masing-masing menjadi tumpukan 1-2-3-4.
  • Setiap tumpukan di aduk hingga rata dan homogen.
  • Tumpukan satu di campur dengan tumpukan 4 kemudian di aduk lagi hingga merata.
  • Tumpukan 2 di campur dengan tumpukan 3 lalu kita aduk secara merata.
  • Kedua adukan tersebut di campur lagi lalu kita aduk hingga merata.

Dalam hal pencampuran tersebut perlu di perhatikan hal sebagai berikut.

  1. kesetabilan bahan pakan yang di gunakan.bahan pakan yang mengandung vitamin A apabila teroksidasi akan menjadi tidak aktif lagi.pinisilin jika terakena sinar matahari akan mengalami kerusakan.
  2. Jarak waktu pencampuran ransum dengan penggunaan jangan sampai terjadi jarak yang lama antara waktu pencampuran ransum dengan waktu penggunaanya.nilai gizi pakan dalam kondisi penyimpanan yang kurang baik akan merosot terus berjalan dengan waktu penyimpanan.
  3. Peralatan yang akan kita gunakan sebagai alat untuk mencampur konsentrat harus terjamin kebersihanya.

Semoga bermanfaat dan membantu…

Tulisan terkait :
loading...
Artikel terkait.
Cara Mencampur Ransum Untuk Pakan Sapi | admin | 4.5