Cara Menangkarkan Burung Parkit

Cara menangkarkan Burung Parkit.Burung Parkit Memiliki Bentuk tubuh kecil, warna cantik, perangai yang lincah dan mempunyai ekor yang panjang merupakan karakter yang dimiliki burung parkit yang sedang naik daun saat ini. Memelihara burung parkit tidak sekedar hobi karena bentuk dan warna tubuhnya yang unik, tetapi dengan membudidayakan burung parkit kita dapat memperoleh keuntungan yang dapat mendongkrak ekonomi keluarga kita.

Warna bulu, bentuk, dankicauan yang unik terdapat pada burung parkit sehingga bisa menarik para penggemar burung parkit. Seseorang yang menyukai burung parkit tidak segan-segan untuk mengeluarkan uang untuk membeli dan memeliharanya. Keberadaan burung parkit ditengah-tengah kehidupan para penggemar parkit memang sudah menjadi hal yang harus dimilikinya. Menurut mereka dengan memandang burung yang mempunyai keunikan tersebut, mereka akan merasa terhibur.unduhan (8)

Artikel terkait.

Mendongkrak ekonomi keluarga

Suatu usaha yang diciptakan diharapkan memberikan keuntungan yang banyak melalui usaha tersebut. Salah satunya dengan membudidayakan burung parkit. Budidaya burung parkit dapat memberikan penghasilan  yang besar bagi suatu kegiatan usaha penangkaran burung.

Betapa tidak, anakan yang dihasilkan burung parkit bisa mencapai rata-rata 2x lipat dari jumlah indukannya. Hasil tersebut dapat dinikmati oleh penangkar parkit setiap 2,5 bulan sekali.

Burung parkit dapat dijadikan komoditas utama keluarga untuk menompang kehidupan penangkaran setiap harinya. Burung parkit juga dapat dijadikan usaha tambahan keluarga, karena hasilnya cukup besar dan perawatan setiap harinya. Burung parkit juga dapat dijadikan usaha tambahan keluarga, karena hasilnya cukup besar dan perawatan tiap harinya begitu mudah, sederhana, dan tidak menyita banyak waktu untuk merawatnya sehingga kita tetap bisa melakukan kegiatan atau pekerjaan utama kita.

Mudah Berkembang Biak

Parkit menyukai hidup berkoloni dan sangat mudah menyesuaikan diri di dalam kandang penangkaran. Biasa di alam bebas parkit berkembang biak pada bulan Oktober-Desember. Bila musim kawin sang jantan biasanya menyanyi dengan nada rayuan untuk memikat betinanya. Hingga pada saat saling ada kecocokan maka perkawinan akan segera berlangsung.

Artikel terkait.

Berat telur parkit berkisar 2,5 gram/butir dengan jumlah telur rata-rata 6 butir/pasang parkit. Burung ini pun dikenal sangat setia dengan pasangannya. Bila si betina sedang aktif bertelur maka si jantan akan menunggu di luar sambil bersiul menghibur sekaligus akan mengusir apabila ada pengganggu mendekati sarangnya.

Anak burung parkit yang baru keluar dari cangkang telurnya berbobot rata-rata 2,35 gram dengan kondisi mata masih terpejam. Setelah umur sembilan hari barulah matanya terbuka.

Setelah umur 30 hari barulah anak burung prkit mulai siap meninggalkan sarangnya untuk belajar terbang. Namun meski sudah mulai terbang, sang induk biasanya masih menyuapinya sampai umur  40 hari. Setelah umur tersebut biasanya untuk persiapan perkawinan untuk generasi yang baru akan dilakukan.

Anak parkit mulai matang kelaminnya untuk melakukan perkawinan setelah berumur 3,5-5 bulan. Si jantan yang cukup umur akan segera memikat betinanya dengan siulan mautnya untuk menjadi pasangan yang akan mengembangbiakkan keturunannya.

Mudah Ditangkarkan

Perawatan burung jenis ini relatif mudah. Kandang yang yang diperlukan tidak begitu besar meskipun untuk pengembangbiakan sekalipun. Ukuran 40 x 40 x 60 cm sudah cukup untuk memulai penangkaran. Sedangkan untuk pajangan keindahan ukuran sangkar umur sudah memadai.

Tetapi karena sifatnya yang suka berkoloni dan keragaman warna yang bervariasi ini maka tak salah kalau kita menyiapkan ukuran kandang agak besar. Disamping kita bisa tempatkan beberapa pasang. Keindahan warna-warni parkit yang satu dengan yang lain akan sangat jelas.

Sebagai Hiburan

Burung parkit dapat dijadikan sebagai media hiburan melalui atraksi-atraksi uniknya. Sebelumnya burung parkit perlu mendapatkan latihan khusus yang dilakukan para penggemar parkit untuk melakukan hal yang diinginkan oleh pelatih.

Burung ini tergolong burung yang mudah dijinakkan dan pandai, sehingga parkit sering kali ditampilkan dalam suatu pertunjukkan sirkus. Kicauannya pun juga bisa dijadikan sebagai master bagi burung lain yang biasa dilakukan oleh para kicau mania.

Burung parkit juga mampu menirukan kicauan burung lain seperti perenjak, ciblek, kenari dan lain-lain. Burung yang mempunyai jenis kicauan seperti burung lainnya, maka burung parkit tersebut mempunyai nilai jual tersendiri. Banyak para penggemar burung berkicau menjadikan burung parkit sebagai burung master.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Menangkarkan Burung Parkit | Penulis | 4.5