Cara Mempercepat Burung Kenari Berkicau

Cara mempercepat burung kenari berkicau-Salah satu daya tarik burung kenari adalah keindahan suaranya. Burung kenari banyak dicari masyarakat, selain menjadi hewan peliharaan di rumah juga diminati sebagai hewan kontes. Hingga akhirnya, kicauan merdu burung kenari tidak hanya dinikmati sendiri. Suara burung kenari yang merdu menjadi daya saing dalam setiap kontes.

Banyak kontes-kontes burung kenari diadakan untuk para penghobi sebagai sarana berkumpul dan ajang adu bakat burung kenarinya. Membuat burung kenari rumahan menjadi burung kontes tidak terlalu sulit.

Artikel terkait.

Memilih Burung Kenari untuk Kontes

Seseorang yang bermaksud memelihara atau menangkarkan burung kenari tentu ingin menikmati keunggulan pada burung ini, baik dari suara kicauannya maupun keindahan warna bulunya yang bervariasi.

Bagi kebanyakan penggemar atau penghobi burung di Indonesia, memelihara burung kenari biasanya untuk mendengarkan keindahan dan daya tarik kicauannya. Burung kenari dapat dinikmati suara atau kicauannya karena mempunyai nada yang menarik.Cara Mempercepat Burung Kenari Berkicau

Untuk dapat menghasilkan burung kenari dengan karakter kenari kontes, para penangkar atau penghobi dapat menggunakan beberapa kriteria sebagai berikut sebagai acuannya.

Jenis kelamin jantan. Pilih kenari yang berjenis kelamin jantan, karena umumnya kenari jantan lebih indah kicauannya atau nyanyiannya daripada kenari betina. Pemilihan jantan tentu dengan mudah dapat diperhatikan dari kicauannya dengan bunyi “cuitnya” lebih nyaring dan keras.

Bentuk tubuh (postur tubuh). Pilih kenari yang memiliki postur tubuh serasi dengan ukuran badan yang sedang, tidak gemuk, leher panjang, kaki, dan ekor proporsional, sehingga tampak lincah bergerak. Umumnya kenari yang bertubuh gemuk malas berkicau.

Artikel terkait.

Bentuk kepala. Pilih kenari kontes dengan kepala berbentuk kotak karena umumnya diketahui memiliki mental bertarung bagus.

Bentuk paruh. Kenari dengan bentuk paruh pangkalnya lebar, tebal, besar, dan panjang mempunyai mental serta kemampuan menghasilkan suara bagus. Saat berkicau paruh akan terlihat terbuka lebar.

Leher panjang padat berisi. Pilih kenari berleher jenjang karena biasanya memiliki suara panjang. Dengan pelatihan yang baik, variasi suara akan lebih enak didengar ketika dinyanyikannya. Gelembung suara pada lehernya juga tampak menarik. Kenari yang tidak menggelembungkan lehernya saat berkicau pertanda bahwa suara yang dimilikinya kurang baik.

Perilaku. Pilih calon kenari kontes yang memiliki perilaku aktif agresif, lincah bergerak, dan berkicau dengan nafsu makan tinggi. Selain menandakan bahwa kenari tersebut sehat, juga menunjukkan bahwa burung tersebut memiliki mental bertanding yang baik.

Suara kicauan. Memilih kenari kontes dengan keunggulan suara kicauan suara harus benar-benar memerhatikan bunyi kicauan yang diinginkan. Penangkar harus sering-sering mendengarkan agar dapat membedakan kicauan kenari yang bagus dengan kenari lainnya.Beberapa cara membedakan kicauan kenari dalam memilih kenari kontes, yaitu:

(1) sering mendengar kicauan kenari-kenari juara agar terbiasa membedakan kenari dengan kicauan bagus;

(2) rasakan atau tandai apakah kicauan tersebut terdengar panjang, bervariasi, dan tidak mendadak putus di tengah jalan atau mempunyai akhiran kicauan yang enak didengar;

(3) kicauan harus terdengar nyaring dapat dibandingkan denganĀ  kicauan kenari juara;

(4) perhatikan gaya kenari saat berkicau, gaya yang baik ditunjukkan dengan berkicau di tenggeran sambil mengeluarkan gaya kicauan seperti menurunkan atau merentangkan sayapnya, serta berjalan ke kiri ke kanan; serta

(5) perhatikan kenari bermental bagus biasanya akan ngotot ikut berkicau, tampak tidak mau kalah berbunyi apabila melihat kenari lain berkicau.

Mental. Mental sangat diperlukan untuk burung kenari kontes. Burung kenari kontes biasanya akan sering berpergian, sehingga adaptasi yang baik perlu dimiliki. Burung kenari harus dapat segera beradaptasi di lingkungan barunya, hal tersebut agar tidak mempersulit ketika burung kenari di bawa ke tempat kontes.

Mental burung kenari berhubungan dengan tingkat stresnya. Burung kenari yang mudah stres akan enggan untuk berkicau. Adaptasi yang baik dapat dilihat dari tingkah lakunya yang akitf, segera berkicau, nafsu makannya yang bagus, dan tahan dari penyakit.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Mempercepat Burung Kenari Berkicau | Penulis | 4.5