Cara Memelihara Burung Merpati Dalam Kandang

Kalau kita mau memelihara burung dalam kandang, untuk memenuhi keperluannya hendaknya kandang itu dibuat dalam dua bagian. Satu bagian berupa ruangan untuk menghirup udara terbuka (dengan berada dalam batas-batas kawat kandang). Di tempat ini burung dapat menikmati sinar matahari. Satu bagian lagi berupa ruangan tertutup untuk tidur dan bertelur, mengeram, dan membesarkan anak. Di bagian ini pula kita dapat menyediakan sederetan tenggeran bagi burung untuk istirahat dan tidur, di samping kita menyediakan minuman dan memberinya makan.

Ukuran kandang tentulah tidak dapat dibuat seragam, tergantung jenis burung yang dipelihara. Apa yang kelihatan cocok bagi merpati konsumsi, atau bagi merpati untuk rekreasi (memelihara untuk diperlombakan), belum tentu sesuai dengan merpati pos.

Artikel terkait.

Kandang-kandang kecil dapat disediakan bagi merpati konsumsi, baik itu untuk sepasang burung saja atau sekelompok burung. Kandang semacam itu sebenarnya dapat pula untuk merpati hias, tetapi hendaknya burung ini mendapat ruang yang lebih luas agar dapat bergerak lebih bebas. Menempatkan burung dalam kandang besar atau kecil, perlu lah diatur sedemikian rupa sehingga burung dapat menikmati siniar matahari untuk berjemur.memelihara burung merpati,burung merpati jinak

Terhadap burung-burung yang sudah terlatih, kita dapat melepaskannya di alam bebas untuk suatu waktu. Burung diberi kebebasan untuk terbang, dan biasanya burung akan terbang mengitari rumah dari hanya beberapa putaran sampai beberapa jam. Setelah itu burung akan turun dan kembali masuk ke kandangnya. Dengan melatihnya seperti ini kita tidak perlu terlalu takut bahwa burung yang kita lepas itu akan hilang karena berkeliaran.

Burung merpati boleh dikatakan hanya memerlukan sebuah tempat untuk tidurnya dan untuk bersarang. Oleh karena itu sebuah kotak sabun mencukupi keperluan itu. Dengan memberikan kotak itu sebagai kotak sarang baginya, yang bisa ditempatkan di suatu bagian rumah, maka burung akan tinggal di tempatnya dengan tidak ada keinginan untuk “kabur”.

Dengan gambaran singkat tentang tempat bagi burung maka kita menemukan bahwa untuk memelihara burung merpati kita perlu menyediakan dua keperluan bagi burung. Pertama, tempat berupa kotak sarang untuk bertelur dan membesarkan anak-anaknya. Kedua, adanya ruang gerak bagi burung. Bagi burung yang dilepas, maka ruang geraknya adalah alam bebas di sekitar rumah kita.

Sedang bagi burung yang dikurung, maka ruang geraknya harus dibuatkakn sebesar mungkin. Keterbatasan gerak akan menyebabkan burung kurang “berolahraga”, yaitu terbang, sehingga akan mengurangi kemampuannya untuk terbang di saat burung dipertandingkan. Tentu ini berbeda dengan merpati hias yang mungkin hanya ditonton keindahannya. Di sinilah orang lalu melatih burung agar dengan kebebasan yang diberikan dimanfaatkan untuk latihan terbang dan setelah itu burung kembali ke dalam kurungannya dengan sukarela.

Jadi dalam menyediakan tempat bagi merpati ini ada hal-hal yang perlu kita pertimbangkan. Pertama, memikirkan kenyamanan akomodasi yang kita sediakan bagi burung. Kedua, memperhitungkan kepentingan kita dalam memelihara burung ini, terutama dalam kaitannya dengan faktor penanganan burung, termasuk membersihkan kandang. Terakhir, barulah kita memperhitungkan segi biaya pembuatan kandang dan perawatan keseluruhan nantinya.

Artikel terkait.
Tulisan terkait :
loading...
Cara Memelihara Burung Merpati Dalam Kandang | Penulis | 4.5