Cara Membuat Sarang Burung Walet Kristal

Cara membuat sarang burung walet kristal.Sarang kristal adalah bentuk ukuran yang sempuran, berukuran empat jari, bersih dari kotoran dan berwarna cerah putih kepekaan. Bentuk sempurna seperti mangkok, utuh, dan tidak pecah. Fondasi sarang tidak melebar alias kaki gajah, serta bebas dari bintik hitam bekas kotoran kutu busuk.

Harga sarang kristal ini memang paling tinggi karena dianggap istimewa, tetapi memproduksi sarang kristal tidaklah mudah hal ini dikarenakan beberapa faktor meliputi lingkungan tempat walet bersarang, waktu pengunduhan dan musim bersarang.

Artikel terkait.

Rumah walet bintang lima menjamin kondisi lingkungan mikro di dalam rumah lebih baik. Poladiafon (pondasi, lantai, dinding atap atau plafon) dan kacasusu (kelembaban, aroma, cahaya, suhu, suara koloni) sangat mantap. Sementara kerusakan sarang seringkali disebabkan oleh kondisi suhu dan kelembaban.

Dimana sarang akan mudah pecah sewaktu dipanen, bila suhu terlalu tinggi dan kelelembaban rendah. Untuk mengatasinya tidak cukup dengan menurunkan suhu dan menaikkan kelembaban, masalahnya kelembaban terlalu tinggi pun menyebabkan sarang bisa menguning. Bahkan jika kelembaban terus bertahan diatas 95% sarang walet mungkin menjadi merah.Cara Membuat Sarang Burung Walet Kristal

Karena itu perbaikan sirkulasi udara di dalalm ruangan rumah diperlukan, oleh karena tiu sebaiknya dinding rumah walet dilengkapi dengan lubang udara. Setiap kamar walet berukuran 3m x 2m diberi 2 buah lubang udara berdiameter 8cm.

Termasuk kamar yang belum berpenghuni, hanya saja sebaiknya ditutupi gabus dahulu supaya tidak mengganggu pencahayaan, suhu, dan kelembaban. Lubang sirkulasi terbuat dari pipa PVC yang diberi knee. Knee dipasang di dalam ruangan menghadap ke bawah. Tujuannya, sinar matahari yang masuk ke bawah sehingga tak menerangi ruangan.

Lokasi pemasangan di dalam agar udara dari luar dapat masuk. Selain itu, jaga kebersihan untuk mewujudkan sarang kristal yang baik. Sarang yang dihasilkan dari kayu sengon, sebagian besar tidak bisa putih bersih.

Kayu yang bertekstur kasar ini mudah menyerap air. Akibatnya, ketika sarang dibuat terjadi osmosis sehingga berwarna kuning. Kayu jati relatif lebih baik, tapi tidak terlalu disukai oleh walet karena baunya yang sulit hilang, Plat alumunium jauh lebih aman, selain tidak menyerap air juga tidak berkarat.

Artikel terkait.

Walet menghendaki tempat yang bersih, aman dan bebas gangguan. Hal ini sangat mendukung terwujudnya sarang kristal.

Kalau rumah walet jorok, binatang-binatang pengganggu pun bermunculan, seperti kecoak, cecak, dan kutu busuk, padahal kutu busuk ini bisa mengotori sarang dan mengisap piyik hingga kering kerontang. Kecoak bisa melubangi sarang bagian bawah yang tentu saja menurunkan kualitas.

Selain itu, waktu pemetikan sarang walet sebaiknya harus diatur, jangan seenaknya. Waktu pemetikan harus sesuai siklus hidup walet. Di musim hujan hanya perlu 40 hari karena ketersediaan pakan di alam cukup. Sebaliknya, di musim kemarau sampai 80 hari.

Seandainya tenggang waktu pemetikan lebih cepat dan kemampuan walet membuat sarang, ukuran sarang kecil tidak memenuhi kriteria kristal.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Membuat Sarang Burung Walet Kristal | Penulis | 4.5