Cara Membuat Ransum Pakan Ayam Sederhana

Banyak jenis Pakan ayam yang yang bisa kita buat ransum sendiri,cara membuat ransum pakan ayam sederhana bisa kita aplikasikan sendiri,selain mampu untuk menghemat biyaya operasional,vitamin serta protein yang terkandung dalam pakan ayam tersebut juga tidak kalah dengan buatan pabrik yang harganya mahal.berikut jenis pakan ayam yang bisa kita jadikan bahan Ransum.

Tepung Gaplek

Artikel terkait.

Gaplek adalah singkong yang sudah dijemur terlebih dahulu untuk mengaurangi kandungan zat antinutrisinya. Gaplek dapat dijadikan sebagai sumber energi dalam ransum, tetapi kandungan proteinnya rendah. Pemakaiannya dalam ransum sebaiknnya kurang dari 20%.

Kulit Buah Kopi

Kulit buah kopi merupakan  limbah dari pengolahan kopi yang dapat dijadikan sebagai bahan baku pakan. Ketersediaannya cukup stabil seiring banyaknya industri pengolahan kopi.

Ampas Kecap

Ampas kecap merupakan hasil sisa dari proses pembuatan kecap yang dibuat dari kedelai. Penggunaan ampas kecap dalam ransum bisa mencapai 5%. Pembatas penggunaan ampas kecap adalah kandungan garamnya yang tinggi.membuat ransum pakan ayam

Daun, Batang, dan Umbi Ubi Jalar

Artikel terkait.

Daun dan batang ubi jalar banyak diperoleh di daerah yang berpotensi menghasilkan umbi ubi jalar. Pada saat panen, banyak terdapat daun dan batang yang belum dimanfaatkan.

Tepung Kadal

Kadal merupakan hewan yang sering kita jumpai. Kadal dapat dijadikan bahan baku pakan alternatif sebagai sumber protein karena kandungan proteinnya mencapai 60% dan hampir sama dengan kandungan protein tepung ikan dan MBM.

Tepung Bekicot

Bekicot dapat digunakan sebagai bahan baku pakan berupa sumber protein yang dapat digunakan dalam pakan. Penggunaan tepung bekicot mentah biasanya hanya sebanyak 10%. Akan tetapi, bila diolah dengan merebusnya dahulu selama 15-20 menit dan menambahkannya dengan larutan garam, penggunaan tepung bekicot dapat ditingkatkan sampai 20%. Pengolahan tepung bekicot dapat dilakukakn dengan beberapa cara berikut.

  • Tepung bekicot mentah. Bekicot mentah dibersihkan dan daging dibersihkan lalu dikeringkan.
  • Tepung bekicot rebus. Bekicot direbus selama 15-20 menit, daging dipisah dari cangkang dan isi perut, dicuci bersih dan dikeringkan, lalu digiling.
  • Tepung bekicot rebus dengan larutan garam. Bekicot direbus dengan larutan garam selama 15 menit. Larutan garam dibuat dengan melarutkan 1 kg garam pada 20 liter air untuk 59 kg bekicot.

Tepung Jangkrik

Jangkrik banyak diternak untuk dijadikan bahan baku pakan dan biasanya diaplikasikan sebagai pakan burung dan ikan arwana. Untuk pakan ayam, jangkrik dapat dijadikan tepung.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Membuat Ransum Pakan Ayam Sederhana | Penulis | 4.5