Cara membuat Pupuk Kompos Dari kotoran Sapi

Sebenarnya,yang banyak di kenal masyarakat umum ada dua cara membuat pupuk kompos dari kotoran sapi.yaitu dengan cara yang terbuka dan dengan cara yang tertutup.cara pembauatn pupuk kompos/kandang secara terbuka dapak kita aplikasikan sebagai berikut ini.

  1. Cari sebagau lokasi di daerah tempat kandang yang akan kita gunakan sebagai pembuatan pupuk kandang lalu tempat tersebut kita bersihkan.
  2. Wadah untuk kotoran sapi tersebut kita buat menjadi persegi empat atau ukuran persegi panjang.bisa juga sesuai selera masing-masing.
  3. Kita biuat galangan dengan menggunakan tanah sekeliling tempat pencampuran pupuk hal ini kita lakukan sebagai antisipasi untuk mencegah masuknya air.
  4. Kita buat atap seadanya supaya mampu mencegah masuknya air jika hujan turun.
  5. Lalu kita taruhkan kotoran beserta sisa pakan sapi ketempat yang telah kita buat tersebut.
  6. Selanjutnya kita biarkan kurang lebih selama 4 bulan setelah 3-4 bulan,pupuk tersebut baru bisa kita gunakan sebgai pupuk tanaman.images (20)

Berikut ini cara membuat pupuk kandang secara tertutup.hal tersebut tidak terlalu beda jauh dengan cara membuat pupuk kandang dengan secara terbuka.langkah-demi langkah yang bisa kita tempau adalah berikut ini.

Artikel terkait.
  1. Terlebih dahulu kita tentukan tempat untuk pembuatan pupuk kandang.
  2. Jika kita sudah menemukan tempatnya,kita gali lubang,untuk ukuran sesuai keinginan serta kapasitas dari pupuk yang akan kita buat.usahakan pembuatan lubangnya agak lebar,agar tidak susah dalam kita mengambil pupuknya kelak.
  3. Sebaiknya,dinding lubang tempat pupk mampu menjaga dan melindungi dari rembesar air yang masuk.kita bisa menggunakan plastik atau terpal.
  4. Sebaiknya lantai lubang tempat penampungan kotoran di jangan di semen,akan tetapi biarkan saja terbuat dari tanah.hal ini agar air serta kotoran sapi bisa segera kering merembas masuk kedalam.
  5. Masukan kotoran sapi serta sisa pakan kedalam lubang tersebut,lalu lubang tersebut kita timbun menggunakan tanah kembali.
  6. Sebaiknya di buatkan atap agar air jika turun hujan tidak masuk ke lubang pupuk tersebut.
  7. lalu kita biarkan saja selama 3-4 bulan.setelah 3-4 bulan,pupuk siap untuk di aplikasikan.

Untuk kita menggunakan pupuk kandang sebagau pemupukan tanaman bisa kita lakukan dengan cara menebarkanya langsung atau kita benamkan di sekitar tanaman.akan tetapi,jika kita menggunakan pupuk dari kotoran ternak,paling baiknya kita benamkan di daerah dekat tanaman.semoga bisa berguna..

Tulisan terkait :
loading...
Artikel terkait.
Cara membuat Pupuk Kompos Dari kotoran Sapi | admin | 4.5