Cara Membuat Kotak Sarang Burung Merpati

Mengenai cara membuat kotak sarang burung merpati, tidak ada patokan yang mantap, selain pengertian bahwa kotak sarang burung merpati itu hendaknya mempunyai ukuran yang cukup luas bagi kenyamanan burung. Jadi ukurannya dapat dibuat besar atau kecil. Ada pihak yang menganggap bahwa ukuran yang ideal bagi merpati pos adalah panjang 60 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 45 cm.

Ukuran ini adalah untuk kotak penangkaran di mana burung akan membuat sarang dan membesarkan anak, dan kotak-kotak yang disediakan bagi burung-burung dewasa yang diutarakan, dengan ukuran seluas itu kita dapat mengisinya dengan dua tempat sarang; untuk tempat sarang itu sendiri dapat kita pakai tembikar bulat cekung, seperti misalnya jenis tatakan pot bunga.

Artikel terkait.

Kotak sarang hendaknya mempunyai pintu. Engsel pintu ditempatkan pada bagian bawah, bukan di samping, sehingga sewaktu dibuka ke depan maka pintu membuka dengan daun pintunya keluar mendatar dan ini dapat dipakai burung untuk bertengger.

Kalau kotak-kotak sarang itu ditempatkan berjejer hendaknya pintu-pintu kotak itu dibuat berbeda-beda (di kiri, tengah, kanan) agar burung mengenalinya dan tidak salah masuk sarang. Kotak sarang ini jangan ditempatkan di lantai, setidak-tidaknya 10 cm di atas lantai.cara membuat kotak sarang burung merpati

Gunanya adalah agar ada perputaran udara, dan juga dapat menjadi tempat persembunyian anak-anak burung yang yang terjatuh dari sarang – sering anak burung jatuh dari sarang, dan burung lain yang galak akan menyerang anak burung ini sampai luka atau bahkan mati.

Sudah tentu kebersihan merupakan hal yang sangat penting dalam memelihara merpati pos ini. Kandang yang dicat dan bersih dapat menyemarakkan suasana, dan kita juga tidak akan malu untuk memamerkan kandang ini, tetangga pun tentunya tidak akan tergangu dengan adanya kandang seperti ini.

Membersihkan lantai sebaiknya dilakukan sehari dua kali, tetapi orang tidak akan selalu mempunyai cukup waktu untuk itu, sehingga banyak pihak yang melakukannya dua kali seminggu. Pekerjaan itu tentunya banyak dipengaruhi oleh banyaknya burung yang dipelihara. Semakin banyak burung kandang semakin cepat kotor.

Untuk mengikis kotoran burung yang ada di lantai, kita dapat memakai semacam besi tipis, atau seng tebal. Sebelum membersihkannya kita perlu memercikkan air yang bercampur dengan desinfektan (yang wangi baunya). Larutan ini dapat membunuh kuman-kuman dan membuat kandang berbau wangi, dan percikan air itu akan mengurangi debu sewaktu kita menyapunya.

Artikel terkait.

Sewaktu kita menyapunya hendaknya kita bergerak ke satu arah saja, yang bila dihubungkan dengan lantai papan, arah itu searah serat papan. Gerakkan yang dilakukan secara berkala itu akan melatih burung pula untuk menerima adanya proses pembersihan kandang. Ada pihak yang memercikkan tepung karbol (belum tentu ada di pasaran kita) yang dipakai sebagai sarana mencegah adanya binatang-binatang kecil, terutama pada hari-hari yang lembap.

Ada pihak yang membuat kandang dengan berlantai semen. Langkah yang dikerjakan tidaklah akan banyak berbeda dengan apa yang telah diutarakan. Ada pula pihak yang memakai pasir sebagai dasar lantai, di mana pasir setebal 3-5 cm ditaburkan dilantai.

Pasir yang ditaburkan adalah pasir kasar yang telah dicuci, dan ini perlu dicampur dengan kapur atau tepung karbol. Kotoran burung akan mengumpul di atas pasir ini, dan kemudian ini digarau untuk membaurkannya dengan pasir. Ini hendaknya dikerjakan sesering mungkin, dan sebulan dua kali pasir ini hendaknya diaduk secara keseluruhan dan diratakan kembali, sebab akan ada pasir yang bercampur penuh kotoran.

Di saat perataan menyeluruh inilah kita menganggap perlu, kita dapat menggantikannya dengan pasir yang baru, Dalam hal ini penggunaan potstal tidak cocok. Bahan ini hanya cocok untuk keperluan merpati konsumsi.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Membuat Kotak Sarang Burung Merpati | Penulis | 4.5