Cara Membuat Kandang Penangkaran Burung Parkit

Sangkar untuk menangkarkan burung parkit atau sering disebut kandang penangkaran dibuat dengan berbagai ukuran dan model. cara membuat kandang Penangkaran burung parkit dapat dimulai dengan ukuran kandang minimal 100 x 100 x 150 (cm) yang diisi calon induk sebanyak 6-15 pasang dan dengan ukuran maksimal 250x250x200 (cm) diisi calon induk sebanyak 50 pasang.

Ada anggapan bahwa kandang dengan ukurean yang besar dapat menambahkan tingkat reproduksi lebih tinggi atau pun kebebasan baginya, namun dalam prakteknya ternyata ukuran kandang yang lebih besar justru menambah tingkat stres karena ketika burung mendengar suara yang membuatnya terkejut, ternak menjadi kebingungan sehingga saling berterbangan. Akan tetapi sebelum membuat kandang hendaknya mengetahui syarat-syarat kandang yang baik.images (3)

Artikel terkait.

Syarat Kandang Parkit

Kandang mendapat sinar matahari pada jam 6-10 pagi dan pada siang hari terlindung dari sinar matahari langsung yang dapat mengakibatkan suhu dalam kandang tinggi. Sinar matahari pagi sangat berperan dalam pembentukan tulang bagi burung yang masih muda, dengan kata lain sumber panas dari sinar matahari pagi membantu dalam pembentukan vitamin D.

Selain itu, sinar matahari pagi bisa memutus rantai kehidupan dari berbagai mikroorganisme yang merugikan. Sinar matahari pagi juga bermanfaat untuk menghangatkan suhu tubuh yang rendah setelah melewati suhu malam hari yang dingin. Oleh karena itu, sinar matahari pagi sangat diperlukan dalam penangkaran parkit.

Kandang tidak boleh ditempatkan disamping hewan peliharaan lain seperti ayam kambing, anjing dan lain sebagainya, yang dapat menimbulkan suara yang mengejutkan sehingga burung parkit bisa stres akibat suara tersebut. Selain dapat menimbulkan stres, keadaan kandang yang demikian juga memungkinkan menjadikan sumber penyakit bagi lingkungan sekitarnya.

Sumber penyakit dari berbagai kandang memungkinkan untuk berevolusi menjadi sumber penyakit yang mematikan. Polusi yang diakibatkan karena keberadaan kandang parkit juga sangat mempengaruhi kesehatan burung parkit tersebut.

Kandang penangkaran sebaiknya ditempatkan pada tempat yang jauh dari keramaian. Semua jenis hewan membutuhkan ketenangan untuk hidup dan berkembang biak. Kondisi lingkungan sekitar yang tenang bisa mengkondisikan burung parkit untuk memilih dan memapankan tempat mereka untuk bereproduksi.

Mengingat burung parkit adalah burung yang hidup pada lingkungan yang kekering dan panas maka suhu udara kandang tidak boleh terlalu mencekam yaitu kurang dari 15 derajat celcius dan tidak boleh lebih dari 28 derajat celcius. Kelembapan udara pun juga tidak terlalu tinggi, hal demikian bisa menjadikan kandang basah dan rentan tumbuh berbagai penyakit.

Kandang diusahakan diletakkan pada tempat yang strategis dalam memudahkan pengamatan. Pengamatan dilakukan secara rutin. Karena burung ini kehidupannya berkoloni atau berkelompok, maka melalui pengamatan, burung yang kurang sehat sesegera mungkin diambil tindakan (pengobatan, karantina, dan perlakuan kusus lainnya).

Kecepatan angin tidak boleh lebih dari 36 km/jam. Sebaiknya kandang diatur sedemikian rupa agar kecepatan angin tidak terlalu kencang. Angin yang kencang dapat mengganggu kesehatan burung parkit, yaitu menderita masuk angin. Kandang penangkaran juga perlu dilengkapi dengan kain penutup atau bisa dipakai dari bahan lain agar dapat menghambat angin yang masuk ke kandang.

Kandang harus dipastikan aman api dan hewan pengganggu lainnya, misalnya : tikus, kucing, kecoa, semut, dan lain-lain. Hewan-hewan tersebut bisa mengganggu aktivitas kehidupan dari burung parkit.

Sebelum ditempati sebaiknya kandang di fumigasi terlebih dahulu, agar terbebas dari penyakit dan virus yang dapt mengganggu kesehatan parkit. Fumigasi dapat dilakukan dengan cara pengapuran melalui pengecatan atau melapisi dinding tidak menjadi media baik berkembang fungi (jamur), bakteri, dan virus yang merugikan bagi kesehatan ternak parkit. Setelah itu penyemprotan formalin pada kandang dan sekitsr kandang. Setelah dua langkah tersebut selang 1 minggu kemudian kita bisa memakai kandang tersebut.

Kandang harus dipastikan tidak ada lubang yang menyebabkan burung bisa keluar. Setiap saat kandang selalu diperiksa, apabila terdapat lubang yang bisa menyebabkan burung lepas segera diperbaiki. Lubang bisa diakibatkan tikus atau burung parkit itu sendiri.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Membuat Kandang Penangkaran Burung Parkit | Penulis | 4.5