Cara Membuat Kandang Burung Merpati Sepasang

Untuk Cara membuat kandang burung merpati sepasang ini, tentu kita perlu menyelaraskannya dengan tempat yang tersedia. Kadang burung merpatiĀ  timbul keinginan untuk memelihara sepasang burung merpati saja, dan kita menyediakan kandang yang kita anggap cukup untuk satu-dua pasang burung merpati. Tetapi kenyataan yang sering terjadi adalah perkembangbiakan burung merpati berjalan diluar dugaan, sehingga membuat si pemilik kebingungan karena tempat yang dibuat itu ternyata menjadi terlalu kecil.

Di sini kita akan dihadapkan pada pilihan apakah kita membuang sebagian burung-burung itu – tidak selamanya kita memelihara untuk keperluan konsumsi atau komersial – atau kita harus merogoh saku untuk membesarkan kandang atau menambah kandang baru.

Artikel terkait.

Oleh karena itu, dalam merencanakan pembuatan kandang hendaknya mempertimbangkan kemungkinan timbulnya masalah itu, dan tahu langkah-langkah yang harus diambil kemudian dalam penanggulangannya. Dengan demikian kita perlu menentukan sampai seberapa banyak burung-burung yang perlu berada dalam kandang yang kita buat, atau berapa besar kandang yang perlu dibuat untuk menampung sejumlah burung yang kita kehendaki.cara membuat kandung burung merpati,kandang merpati satu pasang

Mengenai kapasitas kandang ini ada pihak yang berpendapat bahwa untuk menampung sepasang merpati konsumsi atau sepasang merpati hias membutuhkan tempat seluas 50 cm x 50 cm. Ada pihak lain lagi yang memberi contoh, bahwa untuk menampung sekitar 18-25 pasang merpati – tergantung dari jenis dan ukuran tubuhnya – kita dapat menyodorkan kandang dengan ukuran panjang 4 m, lebar 2,5-3 m dan tinggi 1,5-2,5 m.

Kandang yang dimaksud berbentuk rumah, yaitu ruangan beratap dan berdinding yang di dalamnya tersedia kotak-kotak sarang untuk berkembang biak, di samping adanya tenggeran-tenggeran khusus bagi merpati. Kandang semacam ini perlu ditambah dengan kandang terbuka yang semua sisinya dikelilingi kawat, termasuk bagian atas. Kandang terbuka yang menempel pada salah satu sisi kandang tertutup (rumah) itu dapat berukuran sama dengan kandang tertutup.

Dalam kandang kawat terbuka inilah burung mempunyai kesempatan berangin-angin dan menikmati sinar matahari serta terbang pada udara terbuka di dalam kandang. Perlu dicatat, bahwa ada pihak yang menganjurkan agar kandang janganlah terlalu tinggi, sebab kalau tingginya lebih dari 2,5 m maka kita akan mengalami kesulitan dalam menjinakkan burung-burung ini, juga akan menyulitkan bila kita hendak menangkapnya.

Untuk kandang terbuka, hendaknya kawat yang dipergunakan tidak terlalu jarang (berlubang besar). Memang, merpati mempunyai ukuran badan yang besar sehingga kawat akan menahannya, tetapi penggunaan kawat yang halus – kawat “ayam” – pantas dipakai. Hal ini bertujuan untuk menahan masuknya burung-burung lain seperti burung gereja ataupun masuknya binatang-binatang pengganggu seperti tikus. Binatang-binatang tak diundang itu dapat menghabiskan makanan burung, di samping menggangu dan dapat menimbulkan kejengkelan bagi kita.

Memberikan fasilitas akomodasi kepada merpati tidaklah harus dalam bentuk serba-baru. Barang-barang bekas dapat dimanfaatkan. Juga ruangan-ruangan tertentu di rumah yang tidak dipakai lagi dapat dimanfaatkan untuk keperluan itu. Pecinta-pecinta merpati banyak yang mempergunakan garasi atau ruangan-ruangan rumah lainnya untuk kandang merpati.

Artikel terkait.

Namun ada pula pihak yang sengaja membuat loteng rumahnya sebagai tempat pengembangbiakan burung. Dan kayu-kayu bekas dapat dimanfaatkan untuk membuat kandang, kotak sarang atau tempat bertengger. Sudah tentu kita tidak perlu malu untuk memakai kayu bekas peti (dengan kayu murahan).

Tulisan terkait :
loading...
Cara Membuat Kandang Burung Merpati Sepasang | Penulis | 4.5