Cara Membuat Kandang Baterai Ayam Petelur

Cara membuat kandang baterai ayam petelur.Kandang tipe baterai merupakan modifikasi dari kandang sistem sangkar atau kurungan, yang disusun secara berderet memanjang, bertingkat dua atau lebih. Setiap sangkar bisa untuk satu ekor ayam atau kalau ayam tipe ringan bisa diisi dua ekor.

Hasil penelitian yang sudah ada, pengisian satu ekor per lokal kandang baterai adalah lebih baik dibanding dengan lebih satu ekor per lokal. Hal ini kemungkinan disebabkan adanya sifat-sifat atau tingkah laku kehidupan sosial dari ayam.

Artikel terkait.

Dasar atau lantai kandang sistem baterai dibuat agak condong ke depan dengan harapan agar telur dapat menggelinding ke depan untuk memudahkan pengambilan telur. Sistem kandang baterai dipandang kurang menguntungkan untuk pemeliharaan ayam buras pedaging karena sering menimbulkan lepuh dada atau pembengkakan pada tulang dada.

Kandang baterai dapat dibuat dari kawat, kayu reng, dan juga bambu. Masing-masing mempunyai sisi kelemahan dan keuntungan dan mungkin sebagai pertimbangan yang utama adalah masalah harga (modal).

Ada sebagian peternak yang mengkombinasikan pemakaian antara kawat dengan bambu yaitu dengan menjadikan alas kandang baterai berbahan kawat sedangkan bagian atas berbahan bambu. Dan mungkin inilah kombinasi yang ideal. Ada juga yang merupakan hasil kombinasi antara kayu reng dengan bambu.Cara Membuat Kandang Baterai Ayam Petelur

Ukuran Kandang Baterai yang lazim digunakan untuk standard peternakan di Indonesia.

  1. Ukuran 110 cm x 42 cm x 35 cm x 37 cm (P x Tdpn x L x Tblk), (kemiringan 9 derajat). Dengan ukuran standard cukup untuk 8 ekor ayam per set-nya. Terdiri dari 4 pintu yang masing-masing sekat dapat diisi 2 ekor ayam. Dalam kondisi ini kepala ayam berada di dalam.
  2. Ukuran 110 cm x 35 cm x 28 cm, (kemiringan 9 derajat). Dengan ukuran kecil ini juga untuk 8 ekor ayam per set-nya. Terdiri dari 4 pintu yang masing-masing sekat dapat diisi 2 ekor ayam, tetapi kondisi ini kepala ayam berada di luar.
  3. Ukuran 120 cm x 42 cm x 35 cm x 37 cm, 6 pintu, (kemiringan 9 derajat). Ukuran ini diperuntukkan 6 ekor ayam per set-nya. Jadi 6 pintu yang masing-masing sekat hanya dapat diisi seekor ayam, sehingga kita dapat mengetahui produktivitas & mutu telur yang dihasilkan masing-masing ayam.
  4. Ukuran 120 cm x 35 cm x 35 cm x 28 cm, 6 pintu, (kemiringan 9 derajat). Ukuran ini diperuntukkan 6 ekor ayam per set-nya.

JadiĀ  pintu yang masing-masing sekat hanya dapat diisi seekor ayam, ini adalah versi minimalis.

Ukuran kandang:

Artikel terkait.

Tinggi bagian depan: lebih kurang 37 cm

Tinggi bagian belakang: lebih kurang 30 cm

Lebar: lebih kurang 441 cm

Panjang: aa 2 pilihan

  • 120 cm (8 ekor ayam) dengan berat 6-6,6 kg
  • 200 cm (12 ekor ayam) dengan berat 9,5-10,5 kg

Bagan: ada 2 pilihan

  • Kawat besi 3,0-3,3 mm (BWG 10)
  • Kawat besi 2,8-3,0 mm (BWG 12)
Tulisan terkait :
loading...
Cara Membuat Kandang Baterai Ayam Petelur | Penulis | 4.5