Cara Memberi Pakan Burung Merpati Umbaran

Cara Memberi pakan burung merpati umbaran.Untuk memberi makanan burung merpati dengan cara menebarkan makanan sedikit-sedikit akan menyita banyak waktu. Mungkin akan menyita waktu sampai seperempat. Namun waktu selama itu dapat dipakai untuk berkenalan dengan burung. Burung yang benar-benar lapar dan tampak benar-benar jinak dan mengejar makanan, tetapi lama-lama akan cenderung liar setelah kenyang.

Cara tersebut tentu akan merepotkan bagi mereka yang tidak mempunyai banyak waktu. Untuk mereka ini burung dapat diberi makanan dengan cara mengisi tempat-tempat makanan yang tersedia, sebagaimana biasanya orang memberi makanan kepada burung-burung peliharaan, bahkan tempat makanan diisi dengan makanan yang cukup untuk beberapa hari.pakan burung merpati

Artikel terkait.

Sudah tentu cara itu dapat dikerjakan, tetapi menumpuknya makanan itu mengundang kehadiran binatang-binatang lain. Selain itu, makanan yang terkumpul itu tidak selalu terjamin kebersihannya, kecuali kalau tempat makanan tertutup sehingga tidak terkena kotoran burung.

Grit

Mempunyai arti ganda bagi burung. Selain membantu pencernaan, yaitu menghancurkan bijian yang dimakan burung, grit juga memberikan mineral yang diperlukan oleh burung, untuk pembuatan tulang-tulang, bulu, paruh, dan kulit telur.

Oleh karena itu grit merupakan kebutuhan burung yang tidak boleh dikesampingkan. Dalam jangka pendek burung yang tidak mendapatkan grit memang tidak menunjukkan gejala apa-apa, tetapi ketiadaan grit dalam jangka panjang menyebabkan burung jatuh sakit dan mati.

Grit dapat kita beli pada pedagang makanan ayam, atau kita buat sendiri. Grit umumnya terdiri dari pecahan kerang, arang, ataupun pecahan batu. Pada grit itu sebenarnya masih perlu ditambahkan tepung tulang dan garam. Grit perlu disediakan pada tempat yang bersih, jauh dari kotoran burung maupun kotoran lainnya.

Air

Artikel terkait.

Seperti juga makanan yang bersih, maka merpati juga perlu mendapat air minum yang bersih di sembarang waktu. Seandainya burung yang diperlihara itu banyak, maka suatu tempat yang dapat menampung dan mengalirkan air yang menetas dapat menghindari permasalahan air minum.

Burung akan minum dari air yang mengucur kecil atau menetes deras, dengan airnya tetap bersih. Cara lain yang umum adalah menempatkan air pada suatu tempat minum bagi burung. Sudah tentu tempat ini harus selalu dibersihkan setiap harinya.

Memperhatikan air untuk minum dan mandi serta menanganinya secara baik adalah perlu. Sebab burung perlu mendapatkan air bersih untuk minum dan untuk mandi (yang cukup dijatah dengan 3 kali seminggu). Dengan seringnya mandi maka burung akan menjadi bersih dan sehat, dan kemungkinan telur menetas menjadi lebih tinggi oleh karena kulit telur menjadi lembek dan mudah dipecah oleh anak burung.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Memberi Pakan Burung Merpati Umbaran | Penulis | 4.5