Cara Melatih Bakalan Hwa Mei Menuju Kontes

Cara melatih bakalan hwa mei menuju kontes.Melatih bakalan dan melombakan hwa mei dengan burung sejenis seperti di arena kontes harus berhati-hati, karena kesalahan dalam melatih bisa menyebabkan hal yang kurang baik. Baik hwa mei yang dipelihara sejak anakan maupun dewasa, cara melatihnya pada tahap awal adalah menempatkan hwa mei betina di antara hwa mei jantan yang sedang dilatih.

Jarak antara hwa mei jantan idealnya 5-6 m. Jarak tersebut dimaksudkan agar mudah dilihat sejauh mana keberanian hwa mei tersebut.

Artikel terkait.

Melatih hwa mei tahap awal sebaiknya tidak terlalu dipaksakan. Jika hwa mei tidak tampil maksimal, sebaiknya dilatih dihentikan dan hwa mei dirawat dulu dengan baik. Untuk meningkatkan gairah berlatih, hwa mei betina bisa didampingkan sebelum sangkar hwa mei jantan digantungkan, yakni sangkar keduanya diletakkan di tanah secara berdekatan. Cara ini bisa membantu penampilannya saat latihan yang sebenarnya.

Jika sudah yakni dengan kemampuan hwa mei dan ia sudah 2 kali mengalami ganti bulu, kita bisa melatihnya dengan hwa mei lain yang sudah terlatih. Caranya sama dengan pada latihan tahap awal, yakni dengan menempatkan hwa mei betina, kemudian setelah hwa mei mulai “panas”, betinanya diambil dan dijauhkan.

Jika salah satu burung sudah tidak mau berkicau sebaik awalnya, harus cepat-cepat diangkat dan didekatkan dengan hwa mei betina. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa hwa mei belum dilatih dengan cara yang benar. Karenanya, hwa mei harus ditingkatkan perawatannya. Bisa saja ia sedang atau akan mengalami ganti bulu atau mentalnya belum siap untuk dilatih.

Jika hwa mei mulai terlatih atau terbiasa, jarak terdekat antarburung saat latihan bisa 2 m. Cara melatih seperti ini sebaiknya dilakukan 4-5 kali dalam sebulan dan dilakukan pada pagi hari sambil menjemurnya.cara melatih bakalan hwa mei menuju kontes

Pada tahap awal, latihan sebaiknya dilakukan selama 15-30 menit, kemudian ditingkatkan lagi jika hwa mei sudah benar-benar terlatih.

Mental Hwa Mei

Artikel terkait.

Meningkatkan mental hwa mei jantan agar berkualitas tidak hanya bisa dilakukan dengan mempertemukan atau mendampingkan jantan dan betina yang lenjeh atau genit dan sering membawanya latihan ke arena kontes.

Namun, pada dasarnya semua cara memerlukan ketelitian, kesabaran, dan pengalaman. Di samping kedua cara tersebut, ada beberapa cara untuk meningkatkan dan membenahi mental hwa mei yang membutuhkan keberanian penggemar atau pemilik dalam melakukannya.

Hwa Mei Jantan Sejenis

Mengorbankan jantan sejenis adalah mengumpankan hwa mei jantan lainnya untuk dihajar habis oleh hwa mei jantan yang mentalnya sedang kita latih. Di kalangan penggemar hwa mei, hwa mei jantan yang dikorbankan disebut untulan dan biasanya hwa mei bakalan mengalami cacat fisik.

Hwa mei jantan yang bisa diberi umpan untulan untuk meningkatkan keberaniannya hanya hwa mei yang sebelumnya sudah terlatih dan paling tidak sudah mengalami ganti bulu 2 kali. Hwa mei seperti ini biasanya akan membunuh hwa mei untulan begitu diumpankan kepadanya.

Cara yang sering dilakukan penggemar umumnya memasukkan untulan saat hwa mei sedang dimandikan di tempat mandi khusus. Memang cara ini kurang bijaksana atau kejam atau biadap, karena untulan akan dicabik-cabik atau dipatuki hingga tubuhnya berdarah tanpa ada perlawan sedikit pun. Disebabkan keganasannya tersebut, di Cina hwa mei dijadikan burung aduan oleh sebagian peenggemarnya.

Kita bisa melakukan hal tersebut tanpa harus mengorbankan untulan yang diumpankan. Caranya, setelah dikejar-kejar, untulan kita ambil dan kita masukkan lagi ke dalam sangkar yang telah disiapkan sebelumnya.

Setelah itu, untulan kita rawat secara baik dan saat lain dapat dipakai sebagai untulan kembali dengan cara yang sama. Disebabkan hanya dibutuhkan sebagai umpan, untulan tersebut tidak mungkin diharapkan berkicau, kalaupun mau berkicau ia sekadar berbunyi akibat mentalnya telah jatuh.

Melatih dengan untulan untuk hwa mei bakalan yang dipersiapkan untuk kontes sebaiknya 2-3 kali dalam sebulan dan untuk hwa mei yang telah terlatih, untulan bisa dilakukan 1-2 hari menjelang kontes.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Melatih Bakalan Hwa Mei Menuju Kontes | Penulis | 4.5