Cara Melakukan Pendederan ikan Di Kolam Dan Akuarium

Pendederan benih ikan yang banyak di lakukan para petani ikan.cara melakukan pendederan ikan di kolam dan akuarium.pada umumnya,banyak pera petani lebih suka mendederkan bibit ikan di kolam tanah jika di bandingkan di akuarium,sebab selain lebih menghemat biyaya,pendederan di kolam tanah lebih sederhana dan investasi yang kita keluarkan lebih sedikit.

Namun,pengontrolan benih di kolam tanah akan sulit jika di banding dengan di akuarium.di kolam,pendederan tidak dapat menghindari terjadinya kondisi alam atau lingkungan yang memburuk,misalnya turunya hujan yang terus-menerus.dengan kondisi tersebut,tingkat mortalitas benih yang akan kita besarkan di kolam lebih tinggi jika di bandingkan dengan di akuarium.images (21)

Artikel terkait.

Jenis benih yang akan kita dederkan di kolam bisa berupa benih yang berupa larva,yaitu benih yang telah habis kuning telurnya yang berumur sekitar 11-15 hari.akan tetapi,biasanya ukuran tersebut jarang untuk di pilih karena kwatir belum kuat untuk di dederkan di kolam.oleh sebab itu,benih yang bisa di pilih adalah benih yang sudah sebesar kuku.

Pendederan Dikolam.

Kolam pendederan harus kita siapkan terlebih dahulu sebelum benih kita masukan.secara umum,anak ikan akan lebih menyukai kolam yang sifatnya lebih alami sehingga sebaiknya dasar kolam tetap dari tanah saja.untuk pematang dapat kita buat dari tanah atau dapat juga kita semen.

Saat ini,banyak para petani yang mendederkan benih ikan di kolam terpal.hal tersebut mereka pilih karena kolam terpal dapat kita aplikasikan di mana saja.sehingga tidak perlu membuat kolam tanah.biyaya untuk membuatnyapun terbilang sangat terrjangkau.untuk ukuran kolam,di sesuaikan sesuai keinginan dan jumlah benih yang akan kita dederkan.

Jika kolam sudah kita siapkan,selanjutnya adalah mengeringkan kolam tanah antara 3-4 hari.untuk menyediakan pakan alami bibit ikan,kita bisa menebarkan kotoran ayam secukupnya.selanjutnya kolam kita aliri air dan di biarkan selama 3-5 hari.sebagai filter air,kolam pendederan bisa di gunakan eceng gondok.

Waktu Penebaran Benih Ikan.

Artikel terkait.

Setiap petani memiliki waktu dan cara yang berbeda-beda,begitu juga dengan padat benih yang akan di tebar,bisa kita sesuaikan sendiri sesuai ukuran kolam yang telah kita buat.usahakan jangan terlalu padat,agar ikan cepat besar.

Untuk kita melakukan pendederan dari akuarium kedalam kolam,ada cara yang dapat kita aplikasikan agar benih ikan tidak stres ketika pemindahan.caranya adalah dengan cara mengadaptasikan benih di akuarium dengan air kolam pendederan terlebih dahulu.3-4 hari sebelum melakukan pemindahan.caranya adalah dengan mengadaptasikan benih ikan tersebut.

Pemeliharaan Benih Ikan.

di kalangan para pembudidaya ikan,lamanya benih di dalam kolam pendederan sangat bervareasi.tergantung dari permintaan konsumen,secara umum pendederan ikan  yang memelihara benih ikan di kolam akan memanen benih dengan ukuran gabah,kuku dan silet,atau rokok.

Untuk mencapai ukuraan gabah sejak dari pemeliharaan dibutuhkan waktu sekitar satu bulan.sementara itu,untuk memanen benih yang ukuran kuku di butuhkan waktu sekitar dua bulan dan benih silet di panen tiga bulan setelah penebaran larva.

Pakan yang cocok.

Sampai saatnya di lakukan pemanenan benih ikan yang ukuran silet,biasanya para petani ikan tidak memberikan pakan tambahan sebab pakan benih secara almi masih mencukupi ketersedianya di kolam.namun jika di rasa pakan alami di dalam kolam di anggap kurang,benih bisa di berikan pakan dari luar berupa campuran postal dan pakan buatan.baik dalam bentuk tepung atau bentuk pelet.

Postal adalah berupa kotoran unggas kering yang sudah di campur dengan skam.untuk mengaplikasikan dengan pakan,postal harus di ayak terlebih dahulu sebelum di berikan.pemberian nyapun tidak secara langsung,akan tetapi bisa kita campurkan dengan pelet.dengan menggunakan postal ini,penggunaan pakan buatan bisa kita kurangi sehingga bisa menghemat biyaya operasional.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Melakukan Pendederan ikan Di Kolam Dan Akuarium | admin | 4.5