Cara Melakukan Pemijahan Induk Ikan Gurami

Kolam pemijahan atau cara melakukan melakukan pemijahan induk ikan gurami sebaiknya di buat dengan ukuran luas.hal tersbebut karea perilaku induk betina.ukuran kolam dalam pemijahan di sesuaikan dengan kepadatan induk gurami yang akan di pijahkan.

Kolam untuk melakukan pemijahan di buat dengan kondisi lain,yaitu tidak perlu di semen.dasar kolam cukup menggunakan tanah liat dan di buat kedap air.pematang kolam sebaiknya juga menggunakan  tanah,agar kuat menahan air.bagian dalam di lapisi dengan anyaman bambu dan di sangga dengan tiang-tiang bambu.

Artikel terkait.

Kolam pemijahan akan lebih baik bila di buat dengan sisitem resirkulasi sehingga air akan terus berganti dengan suplai oksigen juga akan terpenuhi.dengan penggunaan sirkulasi tidak perlu di lakukan pergantian air selama periode pemijahan sehingga induk tidak akan cepat stres.images (20)

Selain itu,penggunaan sistem resirkulasi ini akan membentu pengurangan nitrit sebagai akibat dari proses pemecahan protein dari sisa pakan.dengan sistem ini kesegaran air akan selalu terjaga dengan baik tidak terjadi perubahan kondisi lingkungan air,suhu dan faktor lain yang dapat di perkirakan akan berfluktasi di bandingkan dengan melakukan pergantian air secara langsung pada waktu tertentu.

Pembuatan Kolam.

Setelah benih berukuran kuaci atau kuku kelingking,benih harus di pindahkan ke kolam untuk di dederkan.kolam ini nantinya akan menjadi tempat pemeliharaan benih sampai menjadi ukuran yang di inginkan untuk di panen.

kolam yang akan di gunakan bisa berupa kolam tanah atau kolam terpal.ukuran kolam yang di gunakan juga berfareasi tergantung kapasitas benih yang di produksi serta luas lahan yang ada.

Untuk ini,kolam terpal banyak di gunakan sebagai wadah pendederan.hal itu karena harganya relatif  murah dan dapat di aplikasikan di mana saja.rangkanya bisa terbuat dari bambu,kayu atau batu bata.

Alat Pendukung lainya.

Sebagai tempat pemindahan telur dari wadah/kolam pemijahan ke wadah penetasan.wadah tersebut juga di gunakan sebagai tempat penguraian dan pencucian telur yang baru di ambil dari sarang.selain itu,ember juga dapat berfungsi sebagai wadh untuk memindahkan larva dari akuarium penetasan telur ke akuarium pendederan dan sebagai tempat penyortiran banih.intinya adanya ember atau baskom memudahkan proses pembenihan gurami.

Ukuran ember yang di gunakan dapat bervareasi,tergantung dari keperluan dan kebutuhan.sebaiknya ember atau baskom yang di gunakan berwarna cerah atau mempermudah pengolahan larva atau benih tersebut.ember atau bakom yang memiliki warna gelap akan mempersulit pengamatan terhadap larva yang masih transparan.warna baskom yang gelap akan lebih baik di gunakan sebagai tempat penetasan telur.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Melakukan Pemijahan Induk Ikan Gurami | admin | 4.5