Cara Cepat Menjodohkan Burung Merpati

Umumnya merpati mempunyai pasangan/jodoh tetap sampai akhir hayatnya. Cara cepat menjodohkan burung merpati sangat mudah.Tetapi kalau kita sengaja memisahkannya, maka burung merpatipun pun akan menerima sodoran jodoh burung lain untuk menjadi jodohnya yang baru. Burung-burung dewasa yang tidak mendapat jodoh sering mengganggu pasangan burung lain bila mempunyai kesempatan berbuat seperti itu.

Oleh karena itu jangan sampai ada burung-burung yang tanpa pasangan diasatukan dengan burung-burung lain dalam satu kandang. Pada umumnya masalah pun tidak akan timbul di dalam kandang yang kita isi beberapa pasang burung yang sudah berjodoh, sebab tiap-tiap pasangan umumnya akan setia  dengan pasangannya masing-masing sehingga perkawinan dengan ganti-pasangan jarang terjadi.

Artikel terkait.

Untuk mempersiapkan sarang, burung jantan dan burung betina bersama-sama mencari bahan sarang, membuat sarang, mengerami telur dan akhirnya membesarkan anak. Kalau diperhatikan, umumnya burung jantan akan mencari bahan-bahan sarang, membawanya ke betinanya, yang kemudian menatanya di dalam sarang.cara menjodohkan burung merpati

Burung betina akan menggunakan sarang itu untuk bertelur, yang umumnya hanya dua butir. Burung betina akan mengerami telur lebih lama daripada burung jantan. Ada pihak yang mengamati dan menerangkan bahwa burung betina akan mengerami telur sejak jam 16.00 sampai besok paginya sekitar jam 09.00 atau 10.00. Setelah itu lalu digantikan oleh burung jantan. Tingkah laku ini sering dipakai orang untuk membedakan jenis kelamin burung.

Setelah telur menetas, yaitu setelah telur dierami kira-kira 18 hari, maka anak-anaknya akan dibesarkan oleh kedua induknya. Sewaktu anak-anak burung mulai tumbuh bulunya dan siap untuk meninggalkan sarang, sering terjadi induknya mempersiapkan sarang baru di sebelah kotak sarang.

Oleh karena itu kita perlu menyediakan dua sarang sewaktu kita membuat korak sarang baginnya. Cara ini umum dilakukan orang pada merpati konsumsi.

Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan hasil yang cepat. Tetapi mereka yang memelihara merpati hias untuk dipertandingkan dalam pameran, atau memelihara merpati pos yang akan dipertandingkan, akan mencegahnya dengan hanya memberi kesempatan kepada burung untuk bertelur dua atau tiga kali saja dalam setahun.

Perlu dicatat bahwa merpati mempunyai ikatan/hubungan sangat kuat terhadap pasangannya atau tempatnya bertelur. Burung akan berkelahi mempertahankan tempatnya dari burung-burung lain yang mau mengacau, bahkan mereka rela terbang jauh untuk kembali ke tempatnya itu.

Artikel terkait.

Ikatan/hubungan kekeluargaan dan rumah (tempat bertelur) inilah yang dimanfaatkan orang untuk mempertandingkakn merpati pos. Sudah tentu hal itu masih ditambah dengan kemampuan sang burung untuk menemukan arah yang tepat dan naluri untuk kembali ke tempat asal.

Kalau kita tidak peduli atas hasil burung-burung merpati yang kita ternakkan, maka permasalan tidaklah banyak. Tetapi kalau kita menginginkan adanya sesuatu ciri, sifat, dan mutu dari burung-burung yang akan kita kawinkan. Dan patokan untuk ini tidaklah selalu sama untuk jenis-jenis merpati yang begitu banyak.

Langkah pertama adalah mengenal mutu yang dianggap penting pada setiap jenis burung yang ingin kita ternakkan. Kita harus berusaha mendapatkan burung-burung yang mempunyai mutu baik. Hal itu tidak selamanya mudah.

Tetapi kalau kita mempunyai burung yang kuat dengan salah satu sifat yang kita inginkan dan burung ini lalu dikawinkan dengan burung lain yang lemah dari sifat itu maka hasilnya adalah harapan adanya burung yang kuat sifatnya.

Dengan demikian kita mendapat gambaran tentang langkah-langkah yang dapat kita ambil, sebab hasil dari perkawinan adalah adanya penggabungan dari sifat-sifat yang kurang baik dengan sifat-sifat yang baik sehingga nilai kurang baik yang ada itu dapat dikurangi dengan sifat-sifat baik yang menonjol.

Dengan adanya sifat semacam itu maka kita dapat mengarahkan pengembangbiakan merpati sesuai yang kita inginkan. Dengan demikian kita dapat membuat burung yang memiliki ciri tertentu. Dan di sini pulalah kita akan merasakan seninya memelihara merpati. Sudah tentu untuk itu diperlukan pengetahuan tentang genetika dan cara-cara untuk menghasilkan burung-burung yang mempunyai sifat-sifat yang menarik.

Tulisan terkait :
loading...
Cara Cepat Menjodohkan Burung Merpati | Penulis | 4.5