Burung Hwa Mei Karakter Dan Sifatnya

Burung Hwa Mei karakter dan sifatnya.Jenis burung Hwa meiĀ adalah salah satu burung berkicau unggulan yang diimpor dari Cina oleh importir melalui agen di Hong Kong. Di kalangan penggemar burung berkicau, namanya sudah cukup dikenal dan sudah memasyarakat, terutama bagi penggemar yang berada di Pulau Jawa dan Bali. Hal ini disebabkan Pulau Jawa dan Bali menjadi pusat penggemar burung berkicau dan masyarakat penggemar burung berkicau jumlahnya sangat banyak.

Bisa dikatakan, hwa mei atau sering pula disebut wanbi telah dipelihara penggemarnya hingga ke pelosok perdesaan. Kenyataan ini menyebabkan namanya lebih dikenal daripada burung lokal unggulan, seperti branjangan dan kacer.

Artikel terkait.

Untuk jenis burung berkicau impor, keunggulan hwa mei di area kontes sampai saat ini belum tersaingi burung berkicau impor lainnya. Meskipun demikian, harus diakui bahwa pada masa sekarang ini semakin sulit mendapatkan hwa mei bakalan yang berkualitas dan bisa tampil di arena kontes burung berkicau.

Burung Klangenan

Sebagai burung klangenan, hwa mei bisa memberi rasa senang bagi pemiliknya. Untuk mewujudkannya, pemilik atau penggemar tersebut harus menyukai tantangan, sehingga hwa meinya tidak menjadi burung yang sekadar rajin berkicau. Harus diketahui, hwa mei disebut baik jika rajin berkicau, suaranya bersih, tenang saat berkicau, dan mampu menunjukkan gaya yang menjadi keistimewaannya.

Ketelitian dan kesabaran dalam merawat menjadi sebagian kunci sukses penggemar dalam memeliharanya. Membentuk hwa mei bakalan yang masih liar memerlukan teknik khusus. Tidak seperti burung berkicau lainnya, untuk membuat hwa mei mau berkicau dengan tenang di tempat rendah dibutuhkan waktu cukup lama.Burung hwa mei karakter dan sifatnya

Selain itu, kendala atau tantangan yang dihadapi cukup banyak dan pasti akan dirasakan setiap pemilik atau penggemar. Kendala dan tantangan ini muncul kadang-kadang tidak bisa diduga. Jika sudah mampu membentuk, melatih, dan merawat hwa mei hingga suaranya berkualitas, bisa bergaya, dan mentalnya bisa diandalkan di arena kontes, rasa senang dan bangga akan muncul.

Pemilik akan dapat menikmati suaranya kapan pun ia mengkehendaki. Hwa mei yang terpelihara dengan baik dan sudah terlatih, kemudian sangakrnya ditutup kain penutup, tidak mau berkicau. Namun, ia akan berkicau lantang begitu kain penutup sangkarnya dibuka.

Artikel terkait.

Selama ini tidak sedikit pemilik atau penggemar yang tidak mampu memelihara hwa meinya dengan baik. Bahkan, tidak jarang hwa mei yang dipelihara rusak atau cacat dan kalaupun hidup, suara atau kicauannya kurang baik, yakni serak dan tidak lepas.

Tentunya, kejadian seperti ini jelas merugikan. Untuk menghindarinya perlu pemahaman tentang bicara merawat yang baik dan benar, agar hwa mei yang dipelihara sebagai burung klangenan bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Burung Kontes

Untuk membuat hwa mei menjadi burung lapangan atau burung yang akan dikonteskan, hwa mei tidak hanya harus rajin berkicau dan menunjukkan kemampuan bergaya seadanya. Lebih dari itu, kicauannya harus memiliki keistimewaan dan gayanya harus benar-benar bagus. Selain itu, untuk menunjang penampilannya di arena kontes, hwa mei harus memiliki daya tahan tubuh yang baik atau fisiknya prima.

Kontes hwa mei merupakan ajang yang prestisius dan banyak hal yang harus dipertaruhkan. Jika hwa mei memenangi kontes, prestise atau harga diri pemiliknya bisa terangkat di mata sesama kontestan. Hwa mei yang bisa masuk ranking 10 besar dalam kategori unggulan utama akan menjadi kebangganaan tersendiri bagi pemiliknya.

Terlebih lagi jika menyandang juara pertama dalam kategori tersebut. Harga hwa mei juara ini tentunya sangat mahal dan pemilik tidak hanya akan senang dan bangga, tetapi juga diakui eksistensi dan reputasinya di kalangan penggemar lain yang lebih senior atau yang namanya sudah kondang.

Sebaliknya, jika mengalami kegagalan, misalnya hwa mei tidak tampil seperti yang diharapkan, tidak hjarang pemilik akan shock dan sakit mendadak. Shock dan sakit tersebut bukan karena besrnya uang pendaftaran. Sebesar apa pun uang pendaftaran, bisa cepat dilupakan, tetapi kekecewaan dan rasa malu sangat sulit disembuhkan.

Tulisan terkait :
loading...
Burung Hwa Mei Karakter Dan Sifatnya | Penulis | 4.5