Bentuk Dan Jenis Sarang Burung Walet

Bentuk dan jenis sarang burung walet.Sarang walet dibuat oleh burung walet yang sudah memasuki masa produksi, yaitu pada usia delapan sampai sepuluh bulan, pada fase inilah seluruh organ reproduksi mulai berfungsi, ciri-cirinya adalah burung walet tersebut sudah mulai mampu mengeluarkan bunyi untuk memikat pasangannya, organ kelamin mulai berfungsi, dan glandula sublinguales atau kelenjar di bawah lidahnya mulai menghasilkan liur (saliva).

Pada saat itulah walet siap berkembang biak (breeding) dengan diawali membangun sarang setelah walet tersebut telah menemukan pasangannya.Bentuk dan jenis sarang burung walet adalah sebagai berikut.

Artikel terkait.

bagian Sarang Walet

Bentuk dan ukuran sarang walet bermacam-macam hal ini disebabkan produktivitas liur berbeda-beda, perasaan burung tersebut terhadap keamanan sarang, dan pengaruh lingkungan dimana sarang tersebut dibuat, sebagai contoh, jika udara di dalam ruangan sangat lembap, serat-serat sarang tidakdapat kering sempurna, sehingga ketika sarang tersebut dimuati sang walet akan merasakan lendutannya (sagging).

Keadaan yang demikian akan memacu burung walet untuk membuat kaki sarang semakin tinggi dan makin besar sehingga sarang tersebut menjadi besar. Bahkan, ada kaki sarang walet yang diperluas hingga sampai ke sudut pertemuan antar sirip dan langit-langit.Bentuk Dan Jenis Sarang Burung Walet

Ada juga burung walet yang suka membuat sarangnya dengan lapisan berongga kecil dan ada juga yang senang membuat sarang dengan lapisan luas serta tebal. Namun, dari sebagian macam bentuk sarang walet tersebut, hampir semua sarang walet mempunyai bagian-bagian yang sama yaitu kaki sarang, fondasi, dinding, bibir, dan dasar sarang.

Kaki Sarang

Kaki sarang adalah bagian dari sarang yang dibuat paling awal sebelum walet menyelesaikan bagian-bagian bangunan sarang yang lain. Bagian kaki sarang merupakan unsur paling vital dari sebuah bangunan sarang. Jarak antarkaki sarang pada umumnya dibuat sekitar 6-10 cm, tergantung dari besar kecilnya sarang yang akan dibuat.

Artikel terkait.

Bagian inilah yang berfungsi sebagai paku tempat sarang menggantung. Kekuatan dari sebuah sarang terletak dari kuat tidaknya kaki sarang ini, kaki sarang yang kurang kuat akan mudah terlepas (ambrol) sehingga membahayakan proses regenerasi agar dapat menempel pada papan sirip dengan kuat, kaki sarang dibangun dengan air liur yang bertumpuk-tumpuk dan tidak beraturan.

Fondasi Sarang

Fondasi sarang adalah bagian sarang yang berfungsi menghubungkan kedua kaki sarang dan menempel pada papan sirip, sehingga bagian ini juga berfungsi memperkuat posisi sarang. Bentuk fondasi sarang bermacam-macam, ada yang berbentuk cekung seperti huruf U, ada yang cekung tidak terlalu dalam, ada pula sarang yang datar.

Pada sarang walet yang berada di gua, fondasi sarang bentuknya rata-rata tidak beraturan, hal ini terjadi karena fondasi sarang menyesuaikan lekuk-lekuk yang ada pada dinding gua. Namun, pada sirip kotak, bentuk fondasi sarang menyudut.

Dinding Sarang

Dinding sarang merupakan bagian sarang yang berbentuk seperti mangkuk dibelah. Bagian ini berfungsi menampung dan menjaga telur serta piyik agar tidak terjatuh. Tinggi dinding sarang bervariasi, tergantung pada besar kecilnya sarang. Namun, pada umumnya besarnya dinding sarang berkisar antara 2-5 cm dengan ketebalan sekitar 1-2 mm.

Dinding sarang ini dibangun secara perlahan-lahan dari serat air liur yang disusun sejajar melekat satu dengan yang lainnya sehingga terbentuklah jalinan serta liur yang padat dan kuat. Pada umumnya, dinding bagian belakang sarang menempel pada papan sirip sehingga walet hanya membuat dinding bagian depan dan samping saja.

Bibir Sarang

Bibir sarang adalah bagian tepi atas mangkokan sarang, atau tidak terlalu cekung, mengikuti bentuk sarang. Bagian muka bibir sarang biasanya berukuran tipis hanya sekiat 2-3 mm, sedangkan bagian samping yang menghubungkan kedua kaki sarang akan dibuat lebih tebal.

Bagian ini berfungsi sebagai pengikat sarang pada kaki sarang, selain sebagai pembatas agar telur dan piyik tidak mudah jatuh, bibir sarang juga sebagai tempat hinggap saat induk walet hendak masuk ke dalam sarang untuk menyuapi piyik (feeding visits) sehingga bibir sarang inilah yang digunakan sang induk sebagai tempat menggantung sambil menyuapi.

Pada hari ke-45, piyik walet tidak lagi tidur di dalam sarang, mereka mulai melatih kekuatan otot kaki, walet-walet muda ini akan menggantungkan tubuhnya pada bibir sarang.

Bagian sarang ini jika direndam akan terurai menjadi serat-serat. Serat-serat tersebut ada yang berbentuk pipih dan ada yang bulat berujung dari kaki sarang. Bagian tepi penampang serat berbentuk pipih tipis dan menebal ditengah serta melengkung seperti bulan sabit, serat pipih ini memperluas bidang ikatan antar serat sehingga membentuk ikatan padat dan kokoh bahkan kandang sangat sulit dipisahkan, seperti sebuah serta tuggal yang tebal.

Dasar Sarang

Dasar sarang merupakan bagian alas sarang. Bentuknya cekung mirip dasar mangkuk. Dasar sarang berfungsi sebagai tempat telur, mengeram, dan tempat tidur bagi piyik-piyik walet. Pada bagian dasar sarang ini terdapat ruang yang berongga, gunanya sebagai kantong udara. Rongga ini berfungsi menjaga suhu udara supaya tetap hangat saat proses pengeraman juga saat pemeliharaan piyik.

Bagian ini merupakan bagian yang paling keropos, hal ini disebabkan adanya sisa-sisa kotoran dari piyik-piyik walet yang mengenai dasar sarang tersebut, sehingga pada pemakaian ulang sarang, bagian dasar sarang akan ditambal oleh induk walet agar utuh kembali dan sarang menjadi bertambah tebal.

Papan Sirip

Papan sirip adalah tempat dimana burung walet menempatkan sarangnya. Bahan untuk papan sirip dipilih yang kering, lunak dan berserat lebih disukai oleh walet untuk membuat pondasi sarangnya. Anda harus mengetahui papan yang bagus untuk dipasang pada gedung untuk kedepannya.

Setelah papan sirip dikeringkan kemudian anda juga harus tahu kombinasi pemasangan sirip yang sesuai dan disukai oleh walet, karena apabila salah pemasangan papan sirip burung waletpun tidak mau membuat sarang di papan yang telah dipasang.

Tulisan terkait :
loading...
Bentuk Dan Jenis Sarang Burung Walet | Penulis | 4.5