Bentuk Dan Jenis Sarang Burung Walet Besar

Bentuk dan jenis sarang burung walet besar.Walet besar sering juga disebut giant swiftlet lantaran ukurannya tergolong besar, sekitar 16 cm. Bahkan, lembaga biologi nasional dalam burung Indonesia barat menyebutkan, besar burung ini bisa mencapai 18 cm.

Rentang sayapnya dua setengah kaliĀ  panjang ekor. Bentuk tubuh ramping tubuh bagian atas berwarna hitam dan bagian bawahnya berwarna coklat kehitaman. Ekornya bercabang.

Artikel terkait.

Walet jenis ini jarang sekali dijumpai karena ia menghuni daerah khusus seperti pegunungan yang tinggi atau sekitar air terjun. Walet ini cenderung terbang tinggi dan lebih cepat daripada jenis walet lainnya.Bentuk Dan Jenis Sarang Burung Walet Besar

Perkembangbiakan walet ini biasanya dilakukan di balik air terjun pada celah dinding batu. Pada satu musim perkembangbiakan hanya menghasilkan sebutir telur.

Di daerah Jawa Barat musim kawin walet besar berlangsung sekitar November dan Desember, sedangkan di Malaysia sekitar bulan April.

Walet besar membuat sarang berbentuk cawan yang disusun dari bulu-bulu halus, lumut dan diperkuat dengan air liurnya. Sarang ini tidak bisa dimakan. Penyebarannya terbatas di semenanjung Malaya, Sumatra, Kalimantan dan Jawa.

Tulisan terkait :
loading...
Artikel terkait.
Bentuk Dan Jenis Sarang Burung Walet Besar | Penulis | 4.5