Bentuk Dan Ciri Walet Sarang Hitam

Bentuk dan ciri walet sarang hitam.Walet sarang hitam sering disebut juga black nest swiftlet. Nama tersebut disandang walet ini lantaran sarangnya yang dibentuknya berwarna hitam. Tubuhnya berukuran panjang sekitar 12 cm. Bentangan sayapnya selebar 25 cm.

Warna cokelat kehitam-hitaman, kecuali pada tungging dan punggungnya abu-abu. Paruhnya hitam. Matanya cokelat gelap. Kakinya ditumbuhi bulu-bulu lembut sebagai penghangat tubuh karena kondisi gua yang bertemperatur rendah.Bentuk Dan Ciri Walet Sarang Hitam

Artikel terkait.

Belahan ekor tidak dalam. Kakinya ditutupi bulu-bulu secara merata. Bulu kaki inilah yang membedakan dari jenis burung wallet lainnya. Meskipun demikian, di tempat terbuka ia agak sulit dibedakan dengan wallet putih. Alunan suara mencicit merupakan suara khasnya.

Kebutuhan pakannya dipenuhi dengan menangkap serangga kecil sambil terbang. Burung ini membentuk sarang berwarna kehitaman yang tersususnan dari bulu direkatkan dengan air liur pada gua batu kapur.

Jenis wallet ini banyak dijumpai pada pantai-pantai berkarang, bahkan bisa ditemukan di daerah perkotaan. Walet ini tersebar di Himalaya bagian timur, Filipina, Palawan, Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, dan pulau-pulau kecil lainnya.

Di Kabupaten Lampung Barat, yaitu disepanjang pantai barat, terdapat gua-gua alam yang diliuni oleh wallet. Dua diantaranya yaitu gua di Way Paya dan gua di Way Ninok, Bengkunat. Wallet jenis ini berkembang biak sekali dalam setahun. Jumlah telur yang dihasilkannya hanya satu butir sebesar burung pipit.

Tulisan terkait :
loading...
Artikel terkait.
Bentuk Dan Ciri Walet Sarang Hitam | Penulis | 4.5