Bentuk dan Ciri Burung Walet Sarang Lumut

Bentuk dan ciri burung walet sarang lumut.Walet sarang lumut sering juga disebut moss-nest swiftlet. Ukurannya kecil, sekitar 12 cm. Sosok walet sarang lumut nyaris tidak dapat dibedakan dengan walet putih.

Namun, jika dilihat lebih cermat pada warna bulu tunggingnya, walet sarang lumut lebih gelap dan belahan ekornya tidak begitu dalam. Untuk membedakannya dengan walet putih dengan melihat lebih teliti susunan sarangnya.

Artikel terkait.

Burung ini mempunyai kebiasaan terbang dengan gerakan sayap kaku. Suara khasnya berupa lengkingan tinggi “tsyirr” yang biasa terdengar mendengung dekat tempat perkembangbiakannya di kegelapan gua.Bentu dan Ciri Burung Walet Sarang Lumut

Seperti walet lain, ia juga pemakan serangga kecil. Walet sarang lumut mempunyai kebiasaan yang hampit sama dengan jenis burung walet putih, sehingga jumlah telurnya diduga juga sama banyak dua butir.

Sarangnya berbentuk bulat, lebih halus dan lebih banyak mengandung serat lumut dibandingkan dengan walet sapi. Tidak bisa dimakan, namun ada pula yang berpendapat sebaliknya.

Di alam cenderung membuat sarang di gua yang lebih dalam. Daerah penyebarannya di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa sampai kawasan Pasifik barat daya.

Tulisan terkait :
loading...
Artikel terkait.
Bentuk dan Ciri Burung Walet Sarang Lumut | Penulis | 4.5