Beberapa Tipe Membuat Kandang Itik Budidaya

Membuat Kandang Itik untuk Budidaya-Tipe kandang ranch merupakan pengembangan dari tipe kandang postal. Kandang tipe ranch ini selain ada ruangan tempat ternak, di bagian luar/di halaman depannya disediakan halaman tempat bermain yang biasa dikenal dengan nama kandang umbaran yang dilengkapi dengan saluran air atau kolam, yang berfungsi untuk mandi/membersihkan kotoran yang menempel di badan itik serta berfungsi pula untuk mendinginkan tubuh di waktu siang hari.

Hal ini disebabkan itik pedaging merupakan jenis unggas yang tidak tahan terhadap panas, sehingga harus disediakan air untuk pendingin tubuhnya. Tipe kandang ini lebih cocok untuk pemeliharaan ternak unggas air dengan cara pemeliharaan yang intensif.

Artikel terkait.

Atas kolam

Kandang di atas kolam, ditujukan untuk pola pemeliharaan itik dengan sistem Itik-Ikan. Kotoran dan serpihan pakan akan dimanfaatkan sepenuhnya untuk pembesaran ikan, dan adanya ikan-ikan kecil serta keong, cacing serta hewan kecil lain yang ada di kolam, di manfaatkan untuk dapat digunakan sebagai tambahan makanan itik, serta itik dapat bermain di kolam.Beberapa Tipe Membuat Kandang Itik Budidaya

Daratan

Kandang di daratan, relatif lebih mudah dibuat, dan lebih murah. Kandang di daratan biasanya dibagia menjadi 2 sistem:

Sistem basah

Kandang dengan system basah dilengkapi dengan tempat mandi untuk itik. Keunggulan pada sistem ini yaitu jika tujuan pembudidayaan itik petelur untuk ditetaskan maka kandang dengan sistem ini paling cocok.

Artikel terkait.

Hal ini karena dengan adanya kolam air maka intensitas kawin itik lebih tinggi dibandingkan system kering. Selain itu kelebihan lainnya adalah bahwa system sesuai digunakan agar jika musim hujan datang, produktifitas telur pada itik tidak menurun drastic. Karena sudah beradaptasi dengan lingkungan basah.

Sistem kering

Kandang dengan system kering tidak terdapat kolam di dalam kandang. Persediaan air hanya sebagai air minum saja dan untuk cuci kepala itik saja. Kelebihan dari system kering ini adalah itik dapat berproduksi secara optimal, karena energi yang diperoleh dari makanan sepenuhnya digunakan untuk memproduksi telur.

Kelebihan lainnya adalah bahwa sistem ini meminimalisasi bau kotoran itik. Selain itu sistem kering juga sangat menghemat lahan, daripada sistem basah yang harus ada alokasi lahan untuk mandi dan berenang itik.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kandang itik

Cahaya matahari secara tidak langsung harus masuk ke dalam kandang. Kandang ini tidak membujur dengan arah timur-barat, posisi ini akan mencegah masuknya sinar matahari sepanjang hari yang akan menyebabkan suhu kandang menjadi panas.

Itik memerlukan ruang gerak yang cukup besar, karena itik mudah terkejut dan stres, jadi perlu ada ruang agak besar agar tidak bisa berlari. 2 ekor itik perkandang 1 meter persegi.

Tinggi kandang minam 2 meter, agar sirkulasi udara cukup. Dan agar tidak susah membersihkan kanndang/tidak perlu jongkok.

Sebaiknya sisi kandang terbuka, artinya tidak terbuat dari bahan tembok atau bahan lain yang menutupi. Tutupi dengan kawat bagian sisinya. Alas tempat berpijak itik 60 cm ke atas dari tanah, kemudian baru dilantai.

Hal ini bertujuan agar bisa menahan pantulan panas dari tanah. Pada saat itik masih kecil da belum tahan dingin, sekitar kandang harus ditutupi plastik/karung.

Ingat, kandang perlu diberikan penerangan. Penerangan kandang diberikan untuk memudahkan pengaturan kandang dan agar tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian.

Dalam budidaya itik, sanitasi memegang peranan penting untuk mencegah penyakit. Sanitasi meliputi kebersihan kandang, kebersihan peralatan kandang, kebersihan pakan (kualitas pakan), dan juga pengelolanya.

Untuk sanitasi kandang, kondisi kandang itik sebaiknya tidak lembap, kotoran itik dan sisa pakan tidak sampai menumpuk sehingga tidak menyebabkan bau. Usaha yang dapat kita lakukan agar kandang tidak terlalu lembab sebagai berikut:

  • Memberi alas jerami: Jerami mampu menyerap air sehingga lantai tidak terlalu lembap.
  • Merancang dan mendesain kandang sedemikian rupa agar sinar matahari bisa masuk ke dalam kandang.
  • Tidak meletakkan tempat pakan atau minum di dalam kandang yang beratap permanen.
  • Memberi ruang gerak yang cukup untuk itik: Itik yang dipelihara secara intensif mempunyai ruang gerak yang terbatas. Pembatasan ruang gerak ini mempunyai alasan yaitu agar pakan yang dikonsumsi ini efektif untuk produksi dan reproduksi. Oleh karena itu, kita dituntut untuk pandai-pandai dalam mengatur ruang sehingga itik masih bisa merasa nyaman dan tidak berdesak-desakan.
Tulisan terkait :
loading...
Beberapa Tipe Membuat Kandang Itik Budidaya | Penulis | 4.5