Beberapa Jenis Penyakit Yang Sering Menyerang Ikan Nila

Sesuai dengan namanya,penyakit pada ikan kususnya ikan Nila bisa di sebabkan oleh banyak faktor yang di Antaranya adalah parasit atau Organisme renik yang bisa hidup dan mengambil manfaat dari inang atau organisme lain yang di rugikan.beberapa jenis penyakit dapat di deteksi dengan mata telanjang,namun sebagian besar daripadanya hanya dapat di deteksi jika menggunakan Mikroskop.Jenis-jenis hama dan penyakit yang sering menyerang ikan kususnya Nila adalah sebagai berikut.unduhan

Trichodiniasi.

Artikel terkait.

Penyebab penyakit ini adalah dari parasit yang memiliki bentuk bulat lonjong seperti piring atau topi dengan ukuran 55cm mikron.sebagai alat untuk bergerak,parasit ini menggunakan cilia yang berupa bulu getar.hampir semua jenis ikan air tawar terutama benih yang di serang dan di infeksi pada bagian tubuh maupun insang.

Akibat penyekit ini,biasanya sirip atau kulit mengalami kerusakan yang berat.gejala klinis tidak terlihat pada penyerangan dini sehingga terkadang sangat sulit untuk di antisipasi.

Penularan terjadi pada saat terjadinya kontak langsung pada ikan yang telah terinfeksi atau melalui perikanan yang di gunakan.seperti alat untuk menagkap benih yang berupa waring.Penyakit jenis ini dapat kita cegah dengan memberikan pakan yang baik dan cukup serta kondisi oksigen yang baik.pengobatan terhadap ikan yang di serang adalah dengan menggunakan obat seperti Formalin.

Monogeneasis.

Penyakit jenis ini di sebabkan antara lain oleh cacing.parasit jenis ini termasuk ke dalam kelompok trematoda yang dapat menginfeksi ingsang dan permukaan tubuh.perbedaanya dapat di lohat secara mikroskopis yang di tandai dengan adanya bintik pada matanya.

Munculnya penyakit jenis ini bisa juga di tandai dengan munculnya bercak putih seperti kapas di permukaan tubuh,sisik terkelupas serta terjadi pendarahan dan borok.pengendalian pada jenis penyakit ini dapat di lakukan dengan menggunakan garam naCl 1.000 ppm selama 24 jam.

Artikel terkait.

Saprolegniasis.

Penyakit jenis ini adalah jenis penyakit jamur pada ikan atau telur ikan yang di sebabkan antara lain oleh jamur.pada umumnya jamur merupakan infeksi kedua pada ikan setelah penyakit primer yang menginfeksi berupa penyakit bakterial dan parasiter.

Permukaan tubuh ikan yang terserang pentakit ini di penuhi benang-benang putih seperti kapas putih atau coklat yang tumbuh pada kulit,sirip ingsang,ingsang mata serta telur ikan.

Jamur akan tumbuh menempel pada jaringan otot di bawah kulit.jika ikan terserang penyakit,bisa di obati dengan cara rendam dengan larutan garam dapur dengan dosis 1 gram per liter air.

Sebenarnya obat anti bakteri seperti enroflokasin cukup efektif untuk menanggulangi serangan jenis panyakit dan segala bakteri pada ikan.namun penggunaanya sudah di larang maka penggunaan obat alami lebih di anjurkan.

Untuk pencegahan anda juga bisa menggunakan campuran kromium dan ragi roti dengan dosis 6 gram/kg pakan selama 15 hari pemakaian berturut-turut.sementara untuk pengobatan,gunakan bawah putih sebanyak 30 gram/kg pakan selama 15 hari berturut kusus untuk jenis penyakit bakterial.

Tulisan terkait :
loading...
Beberapa Jenis Penyakit Yang Sering Menyerang Ikan Nila | admin | 4.5