Bahan Yang Bisa Dijadikan Ransum Pakan Ayam

Bahan-bahan yang bisa di jadikan ransum pakan ayam sangat banyak.selain mampu menghemat biyaya modal yang kita keluarkan,membuat ransum pakan ayam juga bisa menjadi pilihan sebagai bahan pokok pakan ayam tersebut.berikut bahan yang bisa kita  gunakan sebagai bahan membuat ransum pakan ayam.

Bungkil biji karet.

Artikel terkait.

Bungkil biji karet adalah limbah dari buah karet yang sudah diambil minyaknya. Penggunaan bungkil biji karet terbatas karena serat kasar yang tinggi dan terdapat zat antinutrisi berupa HCN. Penggunaan bungkil biji karet biasanya hanya mencapai 10%.

Biji Kecipir

Kecipir merupakan tanaman memanjat yang tingginya dapat mencapai 3-4 m. Dalam bahasa Jawa Barat, kecipir biasa disebut “ja’at”. Dalam kamus atau buku bahasa inggris, kecipir disebut “the winged bean“.

Bijinya menyerupai kedelai berwarna putih, kuning, cokelat, dan merah. Biji yang berwarna gelap banyak mengandung zat antinutrien seperti tanin, antitripsin, dan saponin. Pengolahan yang biasa dilakukan adalah perendaman atau perebusan.bahan ransum ayam dari tepung

Tepung Darah

Tepung darah mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi dan sangat baik sebagai sumber lisin. Penggunaannnya dalam jumlah besar pada ransum dapat menyebabkan bau amis.

Artikel terkait.

Tepung Hijauan

Hijauan merupakan sumber nutrisi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Ada beberapa tanaman yang bisa dijadikan bahan pakan alternatif. Biasanya penggunaannya harus dijadikan tepung terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam formulasi pakan.

Tepung daun kacang-kacangan

Tepung daun kacang-kacangan dapat digunakan dalam pakan ayam terutama sebagai sumber karotinoid, tetapi penggunaannya terbatas. Tepung daun kacang-kacangan dapat dibuat dari daun kacang tanah, daun lamtoro, atau daun gamal.

Tepung rumput

Rumput termasuk hijauan yang dapat diberikan pada ayam dalam jumlah terbatas. Pemakaiannya diutamakan untuk mendapatkan pigmen kuning pada kuning telur. Penggunaannya dalam pakan ayam sebaiknya kurang dari 5%.

Tepung enceng gondok

Enceng gondok tumbuh mengapung di atas perairan danau, sungai, dan aliran sawah. Tanaman ini cepat tumbuh sehingga ketersediaannya cukup tinggi. Enceng gondok dapat digunakan sebagai pakan ternak dalam jumlah terbatas karena mengandung serat kasar yang tinggi.

Tepung daun katuk

Daun katuk juga dapat digunakan sebagai bahan baku pakan. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, penggunaannya dalam pakan juga untuk mendapatkan kandungan karoten dan vitamin A yang tinggi. Tepung daun katuk sangat baik digunakan untuk ayam periode layer.

Penggunaannya dalam pakan akan menghasilkan kuning telur yang tinggi karoten dan vitamin A. Penggunaan daun katuk dalam pakan disarankan maksimal 15%.

Tepung kayambang

Kayambang atau dapat disebut juga duckweed, apu-apu, atau mata lele merupakan tanaman air yang dianggap gulma dan menimbulkan kerugian terhadap usaha pertanian dan lingkungan hidup. Kayambag banyak dijumpai di kolam, danau atau waduk, serta daerah persawahan padi saat masih tergenang air. Kayambang kaya akan beta karoten.

Tepung daun pisang

Tepung daun pisang dapat digunakan sebagai bahan baku pakan yang merupakan sumber karotinoid dalam ransum ayam petelur. Penggunaannya terbatas karena mengandung serat kasar yang tinggi.

Tulisan terkait :
loading...
Bahan Yang Bisa Dijadikan Ransum Pakan Ayam | Penulis | 4.5