Bahan Pakan Untuk Ternak Yang Banyak Kandungan Protein Dan Gizi

Bahan pakan ternak yang banyak mengandung Protein dan Gizi-Definisi dari bahan pakan menurut SNI adalah bahan-bahan hasil pertanian, peternakan, perikanan, dan hasil industri yang mengandung nutrien dan layak di pergunakan sebagai pakan.

Syarat utama bahan pakan untuk pakan itik yakni tidak mengandung residu zat kimia yang membahayakan, misalnya pestisida, serta bahan lain yang tidak diinginkan.

Artikel terkait.

Beberapa bahan pakan disusun dalam satu formula kemudian di campur untuk menghasilkan pakan ternak. Bahan yang akan digunakan dalam formula pakan sebaiknya diketahui dahulu kandungan nutrien dan kualitasnya.

Ini terkait dengan kondisi pakan yang akan dibuat dan pengaruhnya terhadap itik yang diberi pakan tersebut. Jika kualitas dan nutriennya tercukupi, pertumbuhan dan produksi itik tentu akan sesuai dengan harapan peternak.Bahan Pakan Untuk Ternak Yang Banyak Kandungan Protein Dan Gizi

Penyusunan formula pakan sangat tergantung dari kandungan nutrien bahan pakan, ketersediaan di pasaran, dan harga bahan pakan. Untuk menghasilkan produk ternak itik yang aman, diperlukan pengawasan terhadap mutu pakan, salah satunya adalah cemaran mikotoksin, yakni toksin yang dihasilkan oleh jamur mikroskopik.

Bahan pakan yang digunakan untuk menyusun pakan itik terdiri atas bahan pakan sumber energi, bahan pakan sumber protein, bahan pakan sumber vitamin dan mineral, serta berbagai jenis imbuhan pakan.

sumber energi

Yang umum digunakan terutama jagung kuning, dedak padi, dan polar. Ketiga bahan pakan ini selalu di gunakan karena ketersediaannya relatif stabil dan mudah di peroleh di pasaran. Bahan pakan sumber energi lainnya yang dapat digunakan adalah singkong atau gaplek, menir, dan sorgum. Namun, bahan pakan ini relatif belum banyak tersedia di pasaran.

Artikel terkait.

sumber protein

Yang umum digunakan dan mudah di peroleh yaitu tepung ikan, tepung daging dan tulang (MBM), corn gluten meal (CGM), bungkil kedelai, dan bungkil kelapa. Bahan pakan sumber protein alternatif banyak terdapat di sekitar kita, sebagai contoh tepung bekicot dan tepung keong mas atau keong sawah.

sumber mineral

Yang umum digunakan yaitu kapur (CaCo3) dan tepung kerang sebagai sumber mineral Ca, dicalcium phosphate (DCP), dan tepung tulang yang kaya Ca dan P.Sementara itu, garam dapat dimanfaatkan sebagai sumber mineral Na dan Cl.

sumber vitamin

Umumnya sama dengan bahan pakan sumber energi atau sumber protein, seperti tepung ikan, bungkil kedelai, dan jagung.

pakan

Yang umum digunakan yakni sebagai berikut.

  1. Premiks untuk menambah asupan vitamin dan mineral selain dari bahan pakan. Premiks ini digunakan terutama pada kondisi tertentu seperti saat ternak stres, penggunaan bahan pakan yang kurang berkualitas, serta kerusakan vitamin pakan akibat pengolahan dan penyimpanan. Penggunaan premiks harus dilakukan sesuai dengan rekomendasi perusahaan dan komposisinya berbeda pada setiap produk.
  2. Bahan pakan sumber karotenoid umumya di gunakan untuk meningkatkan kepekatan warna kuning telur sehingga menjadi lebih kuning atau kuning kemerahan. Bahan pakan ini dapat juga digunakan untuk sumber protein atau energi, misalnya tepung daun umumnya digunakan untuk meningkatkan skor warna kuning telur karena mengandung karotenoid sekaligus sebagai sumber protein. Demikian pula dengan tepung limbah kepala udangĀ  yang berperan sebagai sumber protein juga sebagai sumber pigmen kuning kemerahan.
  3. Asam amino sintetis yang umum digunakan yaitu, DL-metionin sebagai sumber asam amino metionin dan L-lisin sebagai sumber asam amino lisin. Asam amino sintetis perlu ditambahkan bila kandungan asupan asam amino lisin dan metioni dari bahan pakan kurang.
Tulisan terkait :
loading...
Bahan Pakan Untuk Ternak Yang Banyak Kandungan Protein Dan Gizi | Penulis | 4.5