Bahan Pakan Ternak Sumber Protein Cepat Gemuk

Bahan Pakan ternak sumber protein cepat gemuk-Bahan pakan sumber protein adalah bahan pakan yang mengandung protein tinggi. Asalnya bisa dari hewan (hewani) dan tumbuhan (nabati).

Sumber protein hewani misalnya tepung ikan, tepung daging dan tulang (MBM), serta tepung bulu (feather meal). Sementara itu, sumber protein nabati misalnya bungkil kedelai, corn gluten meal (CGM), tepung ikan, dan bungkil kelapa.Bahan Pakan Ternak Sumber Protein Cepat Gemuk

Artikel terkait.

Bungkil kedelaiĀ 

Bungkil kedelai merupakan limbah dari pengolahan kedelai. Bungkil kedelai banyak digunakan dalam pakan sebagai sumber protein berkualitas baik karena mengandung asam amino lisin dan metionin yang tinggi. Penggunaan bungkil kedelai sebaiknya diatasi tidak lebih dari 30%. Jika pemakaiannya berlebihan, dapat menyebabkan feses itik menjadi lebih basah.

Kandungan nutrien bungkil kedelai bervariasi, tergantung dari pengolahannya, seperti solvent dan expeller. Kualitas bungkil kedelai yang tercantum dalam SNI 01-4227-19966 terdiri atas dua mutu, yaitu mutu l yang proteinnya lebih tinggi dari pada mutu ll.

Faktor pembatas yang menjadi perhatian adalah kadar cemara aflatoksin dalam bungkil kedelai yang tidak boleh lebih dari 50 ppb. Kombinasi agung dan bungkil kedelai dalam pakan banyak digunakan oleh para formulator.

Corn gluten meal (CGM)

Corn gluten meal atau singkat CGM merupakan bahan pakan sumber protein yang diperoleh dari pengolahan jagung secara basah. CGM mengandung protein tinggi, tetapi mengandung asam amino lisin yang rendah sehingga penggunaannya dapat disuplemen dengan L-lisini untuk memenuhi kebutuhan itik terhadap asam amino lisin.

Artikel terkait.

CGM yang baik mempunyai kepadatan sebesar 578 kg/m3. CGM mempunyai pigmen xantofil yang lebih tinggi dibandingkan dengan jagung kuning. Pemakaian CGM dalam pakan lebih dari 10% dapat meningkatkan warna kuning pada kuning telur.

Tulisan terkait :
loading...
Bahan Pakan Ternak Sumber Protein Cepat Gemuk | Penulis | 4.5