Aneka Jenis Ikan Koi Dari Jepang

Aneka jenis ikan koi dari jepang.Ikan koi memiliki jenis yang sangat beragam, hal ini disebabkan ikan koi berasal dari persilangan dari beberapa jenis keluarga carper. Terkadang sulit untuk menghafalkan nama-nama ikan koi yang berbahasa Jepang. Belum lagi menghafal kombinasi warna dan coraknya.

Untuk mempermudah mengenali berbagai jenis koi, berikut gambar berbagai macam jenis koi secara umum:

Artikel terkait.

Shiro Utsuri Koi: Keelokan Koi Bercorak Zebra

Seperti halnya zebra yang memiliki belang warna hitam dan putih, shiro utsuri menjadi koi yang cukup menawan. Bersama dengan Hi Utsuri dan Ki Utsuri menjadi bagian dari Utsurimono dalam klasifikasi ikan koi. Dari ketiga jenis koi dalam kelas utsurimono, shiro utsuri selalu menunjukkan performa lebih baik dalam show.

Shori utsuri merupakan jenis ikan koi yang cukup menantang dan memiliki nilai tersendiri bagi pecinta koi. Seiring dengan pertumbuhannya, perubahan-perubahan sering terjadi. Di sinilah seni, kepiawaian memilih, memelihara dan pengalaman memelihara koi akan terpuji.

Dalam memelihara shiro utsuri hal penting yang perlu dipertimbangkan dimulai dari bagian kepala. Kepala Shiro Utsuri harus memiliki warna hitam dan putih. Jangan memilih shiro utsuri yang bagian kepala berwarna hitam semua atau putih semua. Jika kepala hanya memiliki satu warna saja menjadi tidak menarik apalagi untuk kontes.

Langkah selanjutnya adalah memilih pola yang menarik pada bagian kepala. Komposisi warna pada bagian kepala kurang lebih 40% hitam dan 60% warna putih. Pola warna hitam tegas yang membentuk huruf V pada bagian kepala turun sampai bagian wajah merupakan pola yang menarik dan banyak disukai.aneka jenis ikan koi jepang

Pola shiro utsuri klasik kombinasi warna hitam dan putih pada bagian badan adalah seimbang (50% hitam dan 50% putih). Namun, dalam penjurian saat ini warna putih yang dominan lebih dipilih.

Artikel terkait.

Seperti halnya ikan koi lain pola warna hitam dan putih shiro utsuri harus menarik. Jangan memilih shiro utsuri yang memiliki bintik/spot hitam. Namun demikian, jangan pula memilih Shiro Utsuri yang terlalu banyak dominasi hitam. Kualitas warna putih juga penting untuk dipertimbangkan dalam memilih shiro utsuri. Ada kalannya shiro utsuri muda memiliki warna putih yang cenderung masih abu-abu atau kekuningan. Demikian juga dengan warna hitam yang masih terpendam dan seiring pertumbuhan koi (finish) warna hitam akan muncul dengan jelas dan warna putih juga semakin terang.

Pada bagian sirip shiro utsuri yang penting adalah memiliki warna hitam secara keseluruhan. Hindari shiro utsuri yang hanya memiliki sedikit warna hitam dan tidak terdapat kesamaan pola antara sirip kanan dan kiri. Karena warna shiro utsuri hanyalah terdiri atas warna hitam dan putih, perhatikan dengan seksama tidak ada spot merah yang muncul. Hal ini sering terjadi terdapat spot merah yang kurang begitu terlihat dengan jelas muncul pada shiro utsuri.

Setelah semua kriteria shiro utsuri tersebut didapatkan pada ikan koi, maka selanjutnya adalah memilih bentuk badan yang baik/body conformation yang baik. Seperti bentuk badan koi yang lainnya tidak ada cacat, bentuk menyerupai torpedo dan badan yang kekar yang memungkinkan pertumbuhan menjadi ikan koi jumbo.

Koi Ogon Aka Hikarimono

Hikari Mono atau lebih banyak dikenal dengan nama Ogon merupakan koi dengan warna metalik dan hanya memiliki satu warna saja. Dalam bahasa Jepang Hikari berarrti metalik atau berkilau sedangkan mono berarti satu. Sedangkan ogon sendiri berarti emas. Sebutan lain untuk koi ogon adalah Hikari Mujimono yang sebenarnya mengandung double kata, karena muji sendiri berarti satu.

Koi ogon terdiri atas beberapa jenis yang didasarkan pada warna ikan, misalnya saja koi metalik yang berwarna putih/platinum maka disebut Platinum Ogon. Sedangkan ogon yang berwarna kuning terang atau hampir seperti emas disebut Yamabuki Ogon. Nezu ogon merupakan ikan koi metalik dengan warna grey (abu-abu), sedangkan Orenji Ogon merupakan ogon yang berwarna orange metalik.

Karena warna yang terang dan cemerlang ogon menjadi koi yang mudah untuk dilihat. Kekuatan ogon adalah pada kualitas Hikari atau kecemerlangan warna metaliknya. Kujaku semakin meningkat. Pada level kontes kujaku juga telah banyak diikuti oleh peserta. Dalam klasifikasi jenis koi, kujaku dimasukkan dalam kategori Hikarimoyo bersama dengan Kin Showa, Yamato Nishiki, Doitsu Hariwake dan Kikusui. Pola kuhaku pada kujaku menjadi salah satu daya tarik dari ikan koi jenis ini.

Kujaku adalah Koi Metalik (ogon) dari varian Matsuba dengan pola warna merah atau orange seperti pola pada Kohaku. Pola Matsubanya menyerupai bulu burung merak sehingga koi jenis ini diberi nama kujaku. Kujaku dalam bahasa Jepang berarti burung merak.

Karena merupakai koi metalik maka bentuk pola net pada kujaku menjadi penting untuk dipertimbangkan. Selain itu kecemerlangan warna metalik (Hikari) juga menjadi penentu kualitas kujaku. Fukurin yang bersih dan jernih juga membuat kujaku lebih menarik. Kriteria lain seperti bentuk tubuh mengikuti standar penilaian ikan koi yang lain.

Pada awalnya kujaku yang dikembangkan merupakan versi doitsu atau tanpa sisik, namun semakin lama semakin sulit menemukan kujaku tanpa sisik (doitsu) yang berkualitas baik. Pada bagian kepala Kujaku bisa memiliki warna atau bersih tetapi tidak ramai oleh beberapa warna.

Tulisan terkait :
loading...
Aneka Jenis Ikan Koi Dari Jepang | Penulis | 4.5