Analisa Keuntungan Usaha Budidaya Ikan kolam/Tambak

Berikut ini kami kalkulasikan serta anilisa kuntungan jika anda bedidaya ikan di kolam maupun di tambak.suatu budidaya haruslah di analisis,apakah layak untuk di jadikan sebuah usaha?Kelayakan usaha yang kami sajikan di harapkan dapat menjadikan sebagai penduan dalam membuat perhitungan selama pembudidayakan ikan.

Analisis usaha ini juga bisa di jadikan perkiraan resiko yang mungkin bisa timbul saat waktu pemeliharaan.dengan demikian dapat segera di antisipasi selama kegiatan pembudidayaan berlangsung.

Analisis usaha akan memberikan gambaran modal atau investasi yang di butuhkan,pengeluaran dan keuntungan yang di peroleh para pembudidaya.untuk memudahkan para peternak dalam memahami analisa yang di buat,sangat perlu di buat asumsi-asumsi sebagai imputan dalam perhitungan.adapun asumsi yang di butuhkan adalah sebagai berikut ini.usaha budidaya ikan kolam/tambak

  • Pembesaran ikan di lakukan secara intensif doi kolam tanah dengan sistem mengalir.
  • Wadah yang di gunakan untuk pembesaran berupa kolam tanah berukuran 300m sebauak delapan buah.
  • Padat tebar selama pemeliharaan adalah 20 ekor/m dengan bobot 20 gram/ekor.
  • Nilai konversi pakan adalah 1 yang artinya untuk peningkatan bobot ikan sebesar 1 kg di butuhkan pakan sebanyak 1 kg juga.
  • ukuran panen adalah 250 gram/ekor dengan derajat kelangsungan hidup sebesar 95%.
  • Lama pemeliharaan untuk mencapai ukuran tersebut adalah 2,5 bulan.

Dengan analisa tersebut,pakan yang di butuhkan setiap kolam dalam satu musim tanam adalah sebagai berikut.

= jumlah benih yang di tebar X sintasan x rata-rata bobot ikan waktu panen Kg.

=6.000×0,95×0,250×1 = 1.425 kg.

Dengan demikian total produksi ikan konsumsi per tahun dapat di hitung sebagai berikut.

= (0,95×6000 ekor x 8 kolam x 4 periode) x 250 gram/ekor. =45.600.000 gram = 45.600 kg.

Artikel terkait.

Biyaya yang di keluarkan untuk kegiatan produksi ikan konsumsi dapat di bedakan menjadi biyaya tetap dan biyaya fariabel.biyaya tetap adalah biyaya yang di keluarkan walaupun uusaha pembesaran ikan tidak di jalankan.mengapa? hal ini karena untuk memulai sebuah usaha di perlukan investasi.

Penyesutun dari investasi inilah yang menyebabkan bahwa pengeluaran biyaya yang di keluarkan untuk menjalankan kegiatan produksi.biyaya ini sangat erat hubunganya dengan variable waktu,target produksi serta harga yang berkaitan dengan input produksi.

Tulisan terkait :
loading...
Analisa Keuntungan Usaha Budidaya Ikan kolam/Tambak | admin | 4.5