Akibat Telur Ikan Banyak Mati Di Sarang

Mengapa banyak telur ikan banyak mati disarangnya.Akibat telur ikan banyak mati Di Sarang kemungkinan besar adalah telur tersebut tidak terbuahi serta terjadinya perubahan PH yang flukutatif.penyebab lainya bisa saja faktor induknya.sebagai contoh,induk jantan tidak sesuai kriteria.

Sebagai contoh,dagu induk kurang tebal,banyak turun hujan,banyak terdapat ikan lain,serta kondisi kolam sendiri yang kurang baik.misalkan kurang oksigen karena pada dasar kolam banyak timbian lumpur atau bahan lainya.images (29)

Artikel terkait.

Pemberian pakan induk dengan kandungan lemak yang tinggi juga bisa menjadi penyebab tingginya angka kematian telur.cara mengatasinya sebaiknya di pilih indukan jantan yang memiliki dagu agak besar serta memiliki penampilan fisiknya cukup baik.

Induk jantan yang memiliki dagu besar akan menyarangkan telur-telurnya yang di hasilnkan induk betina ynag cukup baik.apabila penyabab kematian telur akibat kelebihan PH yang mendadak,faktor ini cukup sulit untuk kita atasi.

Perubahan suhu Ph yang sangat mendadak biasanya di sebabkan oleh hujan yang datang secara tiba-tiba.tindakan yang cukup mudah untuk menyelamatkan telur karena pengaruh hujan adalah selalu mengamati sarang sesering mungkin.apabila sarang tersebut telah terisi telur,secara cepat di pindahkan kedalam akuarium penetasan.

Dasar kolam harus di pastikan tidak terdapat banyak tumpukan lumpur dan bahan-bahan yang berprotein yang dapat mengakibatkan turunnya kwalitas air kolam.apabila terdapat timbinan bahan-bahan tersebut,dasar kolam harus segera di bersihakan dan di keringkan.

Ikan liar yang terdapat di kolam harus segera di buang karena ikan-ikan ini dapat menganggu induk ,baik saat bertelur atau menyarangkan telurnya.selain itu,induk dalam kolam pemijahan sebailnya jangan di beri pakan yang mengandung lemak tinggi karena telur yang di hasilakn akan diselubungi oleh lapisan lemak yang tebal.akibatnya telur ikan akan sulit terbuai oleh sperma.

Penyebab jumlah telur di sarang sedikit.

Artikel terkait.

Jumlah telur yang terdapat pada kolam sedikit bisa di sebkan oleh kualitas induk ikan yang kurang baik,induk terlalu tua,induk terlalu muda atau bisa juga adanya hama di kolam pemijahan tersebut.

Untuk mengatasi ada cara yang bisa kita aplikasikan.

  • Usahakan agar induk yang kita gunakan sesuai dengan kriteria induk yang baik,minimal berumur 4 tahun untuk induk jantan dan 3 tahun utuk induk betina.induk yang terlalu tua akan menghasilkan telur yang sedikit.
  • Bersihkan kolam pemijahan dari hama,gunakan pula bahan yang berbentuk sarang dari ijuk karena ular akan engan hinggap pada ujung ijuk yang tajam.
  • Pastikan pakan induk cukup,jika pakan induk kurang,biasanya pakan yang dihasilkan juga kurang.
  • Pastikan pakkan induk cukup.jika pakan induk kurang,biasanya telur yang di hasilkan tidak maksimal.

Demikian sedikit penjelasanya,semoga bermanfaat..

Tulisan terkait :
loading...
Akibat Telur Ikan Banyak Mati Di Sarang | admin | 4.5