Agar Burung Walet Cepat Membuat Sarang

 

Agar burung walet cepat membuat sarang.Salah atu cara agar gedung walet cepat terisi, yaitu dengan memodifikasi papan sirip. Caranya, melapisi papan sirip dengan alumunium. Bukan lembaran alumunium licin yang bagian tengahnya digaris-garis, melainkan alumunium berlubang yang biasa dipakai untuk antena parabola.

Secara mudah disebut ram parabola. Alumunium ini bisa dibeli di toko bangunan. Dengan melapisi (sebagian) papan sirip dengan alumunium ini, dalam waktu cepat walet akan membuat sarang. Alasan menggunakan alumunium parabola, agar walet mudah hinggap. Ini disebabkan terdapatnya lubang-lubang kecil di alumunium itu.

Artikel terkait.

Selain itu, sifat alumunium yang dingin membuat walet betahmenempel. Penggunaan alumunium ini, untuk solusi papan sirip yang keras atau licin. Juga untuk membungkus balok cor. Tidak harus semua papan sirip dilapisi alumunium, cukup sebagian saja.

Walet memang lebih senang hinggap di alumunium tersebut. Ini disebabkan mudahnya walet menempel. Kaki walet yang kecil akan dengan enaknya mencengkeram lubang alumunium itu, bagai pemanjat tebing yang menemukan celah untuk pijakan kaki dan cengkeraman jari sehingga terasa ringan menopang tubuhnya.Agar Burung Walet Cepat Membuat Sarang

Tentu fasilitas ini sangat dibutuhkan oleh walet yang masih usia muda. Kondisi dingin alumunium menambah betah walet menempel berjam-jam di awal adaptasi. Maka tidak lama kemudian, akan terlihat goretan-goretan lembut tipis putih liur walet membikin fondasi sarang sebagai tanda dimulalinya pembangunan sarang.

Namun ada beberapa catatan penting yang perlu diketahui, bahwa kondisi gedung tidak boleh kering. Jika kelembaban rendah, maka sarang walet yang menempel di alumunium itu tidak sempurna bentuknya, bahkan mudah terkelupas.

Selain beberapa keuntungan, ada juga problemnya, yaitu alumunium tersebut ternyata “kalah kuat” untuk melawan liur walet. Saya tidak tahu mengapa air liur walet bisa mengalahkan alumunium. Waktu saya angkat sarang, alumunium yang semula utuh, jadi berlubang.

Lalu setelah saya amati, ternyata potongan alumunium ada di dalam sarang. Besoknya saya mengganti dengan lembaran alumunium baru. Tidak laam kemudian walet membikin sarangnya kembali di tempat semula.

Artikel terkait.

Apakah penggunaan alumunium parabola itu untuk selamanya? Tentu tidak. Setelah populasi mulai berkembang, alumunium parabola tidak perlu dipasang lagi. Menurut saya, penggunaan alumunium itu sifatnya untuk sementara, yakni di awal prosesĀ  pemancingan, yaitu di tahun pertama saja.

Namun jika papan sirip licin, penggunaan alumunium ini tentu sangat menguntungkan untuk seterusnya. Walet sebenarnya suka di alumunium karena terasa dingin.

Tulisan terkait :
loading...
Agar Burung Walet Cepat Membuat Sarang | Penulis | 4.5