Agar Burung Walet Betah Bersarang Di Gedung

Agar burung walet betah bersarang di gedung.Menjaga walet agar terus berkembang biak dengan baik, tidak lepas dengan pengamatan perlakuan terhadap cara, kebiasaan, kebutuhan, dan beberapa aspek lain yang menunjang kelangsungan hidup walet.

suhu tubuh walet

Artikel terkait.

Anak burung walet yang baru menetas tidak berbulu dan sangat lemah. Anak walet yang belum mampu makan sendiri perlu disuapi dengan telur semut (kroto segar) tiga kali sehari. Selama 2-3 hari anak walet ini masih memerlukan pemanasan yang stabil dan intensif sehingga tidak perlu dikeluarkan dari mesin tetas. Setelah itu, temperatur boleh diturunkan 1-2 derajat/hari dengan cara membuka lubang udara mesin.

Setelah berumur +/- 10 hari saat bulu-bulu sudah tumbuh anak walet dipindahkan ke dalam kotak khusus. Kotak ini dilengkapi dengan alat pemanas yang di letakkan di tengah atau pojok kotak. Setelah berumur 43 hari hari, anak-anak walet yang sudah siap terbang dibawa ke gedung pada malam hari, kemudian diletakkan dalam rak untuk pelepasan. Tinggi rak minimal 2 m dari lantai. Dengan ketinggian ini, anak walet akan dapat terbang pada keesokan harinya dan mengikuti cara terbang walet dewasa.

agar walet tidak jauh

Beberapa penyebab telur walet jatuh, yaitu karena suatu kejadian, walet kaget karena ada walet baru yang merebut sarang dan membuang telur yang sudah ada.Agar Burung Walet Betah Bersarang Di Gedung

Pertama, karena suatu kejadian, walet kaget atau terkejut. Ini terjadi pada gedung yang populasi waletnya padat atau sangat padat. Kasus seperti ini salah satunya terjadi karena pemilik masuk ke dalam gedung secara tergesa-gesa, padahal pada jam itu, sebagian besar walet masih ada di dalam gedung.

Mengapa pada jam 10 siang walet masih ada dalam gedung? Ini bisa terjadi karena kemungkinan walet sedang mengerami telurnya sehingga pada jam itu walet masih berada dalam sarangnya. Selain itu, karena cuaca yang gerimis atau hujan sehingga walet lebih memilih untuk keluar pagi mencai makan, dan segera pulang untuk tinggal di dalam gedung.

Artikel terkait.

Maka ketika pemilik masuk mengontrol ke dalam gedung tanpa ada “pemberitahuan” terlebih dahulu, ini akan membuat populasi walet terkejut dan beterbangan. Suasana hiruk-pikuk walet yang beterbangan tentu akan mengejutkan walet yang lain sehingga secara tergesa-gesa puluhan ekor walet meloncat dari sarangnya.

Sarang walet yang bentuknya tidak terlalu cekung, mengakibatkan telur-telur walet akan mudah terjatuh karena gerakan walet yang kaget ini. Oleh karena itu, jika akan masuk ke dalam gedung, lakukan secara hati-hati agar walet tidak terkejut. Usirlah secara pelan-pelan dengan sinar senter yang diarahkan ke ruang yang pada walet. Tunggulah beberapa saat agar walet keluar gedung.

Kedua, sebab telur jatuh karena ada walet baru yang merebut sarang dan membuang telur yang sudah ada. Ini terjadi pada gedung yang padat populasi atau gedung walet yang desain dalamnya sistem kamar-kamar. Mengapa walet merebut sarang walet lain? Pertama, banyak walet muda dari gedung lain yang terpancing masuk gedung tersebut.

Walet pendatang ini lalu menempati sarang yang sudah ada. Jika sarang itu ada telurnya, maka telur akan dibuangnya ke lantai. Kedua, sistem panen rampasan bisa mengakibatkan walet masuk ke gedung lain akibat stres.

Meski belum tentu walet stres itu menginap selamanya di gedung tersebut namun burung yang stres ini akan menempati sarang milik walet lain tanpa izin. Jika sarang itu ada telurnya, maka telur-telur tersebut akan dijatuhkan terlebih dahulu.

Setelah sarang kosong, baru dia meletakkan telurnya sendiri di sarang tersebut. Walet yang stres ini hanya meletakkan telurnya, kemudian ia kembali ke gedung asalnya. Walet stres hanya titip telur, setelah membuang telur walet lain. Jika panen rampasan ini terus dilakukan, maka walet akan mengalami stres yang berkepanjangan, bisa jadi ia akan menetap di gedung tersebut.

Tulisan terkait :
loading...
Agar Burung Walet Betah Bersarang Di Gedung | Penulis | 4.5