Agar Burung Hwa Mei Tampil Baik Dalam Kontes

Agar burung hwa mei tampil baik dalam kontes.Sebelum menyertakan hwa mei ke arena kontes diperlukan upaya untuk membuat burung tersebut bisa tampil baik. Dalam hal ini ada beberapa cara yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Di antaranya, para penggemar mendampingkan hwa mei jantan dan betina, serta tidak memandikannya beberapa hari menjelang dikonteskan. Meskipun demikian,  perawatan yang baik secara teratur setiap harinya harus tetap diutamakan.

Fisik Hwa Mei

Artikel terkait.

Menjaga kondisi fisik hwa mei yang akan dikonteskan, seperti memandikan, menejmur, memberi pakan alami, menjauhkannya dari gangguan, serta menjaga kebersihan sangkar, harus tetap dilakukan. Dalam menjaga kondisi ini tidak perlu memberinya pakan yang sifatnya merangsang saraf dalam waktu singkat (doping), karena kurang baik bagi hwa mei untuk jangka panjang.

Ada penggemar yang tidak memandikan dan tidak menjemur hwa mei beberapa hari sebelum dikonteskan dengan maksud membuat hwa bisa lebih agresif dalam berkicau.

Cara melakukannya adalah 3-4 hari menjelang hari H (saat di konteskan), hwa mei hanya dibersihkan kotorannya, diberi pakan alami, dan dijemur sebentar dengan tidak membuka semua kain penutupnya. Kemudian, 1 hari menjelang hari H, pada sore harinya dimandikan seperti biasa.

Menjemur hwa mei jantan harus didampingi betinanya agar tidak berkicau terus. Di samping itu, sebelum bulunya terlalu kering, hwa mei harus diambil dan ditutup lagi dengan kain penutupnya.agar burung hwa mei tampil baik dalam kontes

Jika cara ini dilakukan dengan baik, hwa mei akan bernafsu dalam berkicau. Karena selama beberapa hari suaranya “ditahan” dengan cara tidak membuka kain penutupnya. Namun, banyak penggemar tidak mau melakukannya karena malas atau alasan lainnya.

Hwa Mei Betina

Artikel terkait.

Dalam banyak hal hwa mei betina sangat berperan saat kita memelihara hwa mei jantan. Hwa mei betina tidak hanya dapat dimanfaatkan agar hwa mei jantan bakalan bisa rajin bersuara dan membenahi mentalnya, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan emosi hwa mei jantan saat dikonteskan. Karenanya, tidak mengherankan jika para penggemar memanfaatkannya untuk mendorong mental hwa mei jantan sebelum disertakan dalam kontes.

Cara yang biasa dilakukan adalah mendampingkan hwa mei betina yang lenjeh atau genit di dekat hwa mei jantan sebelum sangkarnya digantung di arena kontes. Cara seperti ini selalu dilakukan para penggemar hwa mei.

Pengaruh pendampingan ini sangat baik dan tidak ada efek negatifnya. Rangsangan atau support dari hwa mei betina dapat membuat hwa mei jantan lebih bernafsu untuk berkicau. Meskipun demikian, bagi hwa mei jantan yang telah berlatih, suara betina tidak begitu merangsangnya.

Seolah-olah ia lebih senang melihat dan mendengar langsung lawan tandingnya. Di habitatnya, suara kicau hwa mei jantan bisa diartikan sebagai wujud kekuasaan terhadap hwa mei jantan lain dan untuk menarik perhatian hwa mei betina, terutama saat musim kawin.

Membawa Hwa Mei

Membawa hwa mei ke arena kontes harus dengan sangkar dalam keadaan tertutup kain penutup sangkar. Jika jarak tempuhnya jauh, sebagian kain penutup harus dibuka agar udara bisa keluar masuk, sehingga sirkulasi udaranya baik.

Di samping itu, harus dijauhkan dari hawa panas, misalnya dekat mesin mobil, karena bisa membahayakannya. Sebelum dibawa dalam perjalanan jauh, 2 hari sebelumnya hwa mei diberi obat Antistres. Harus diupayakan sehari sebelumnya hwa mei sudah sampai ke tempat tujuan. Jika jaraknya dekat, 2-3 jam sebelumnya hwa mei sudah berada di lokasi kontes.

Agar tampil baik, waktu istirahat bagi hwa mei yang akan dikonteskan mutlak diperlukan. Karenanya, begitu tiba di lokasi kontes, hwa mei harus ditempatkan jauh dari keramaian dengan sebagian tutup sangkar terbuka.

Jika hwa mei betina dibawa serta, sebaiknya dampingkan selama 10-15 menit, lalu dipisahkan kembali, kemudian didampingkan lagi menejelang hwa mei jantan akan memasuki arena kontes. Saat beristirahat ini dapat dimanfaatkan dengan memberinya 2-3 ekor ulat hong kong. Caranya, diberikan satu per satu menggunakan lidi dan harus dipastikan ulat hong kong habis dimakan.

Hwa Mei Setelah Kontes

Cara merawat hwa mei yang sudah mengikuti kontes tidak berbeda dengan cara merawat pada hari-hari biasa, kecuali jika hwa mei tersebut mengalami gangguan mental.

Cukup dengan memberinya vitamin Vitavit yang dicampur dengan air minum setelah hwa mei dimandikan. Dua hingga 3 hari setelah kontes, setelah dimandikan hwa mei tidak perlu dijemur, tetapi cukup ditempatkan di tempat yang agak sejuk. Dalam kondisi demikian, hwa mei bisa beristirahat dan tidak banyak berkicau.

Perawatan harus lebih intensif setelah hwa mei menjalani masa istirahat atau lebih kurang 3-4 hari lamanya. Untuk meningkatkan kualitas suaranya, setelah menjalani istirahat beberapa hari, hwa mei harus kembali dilatih seperti sebelumnya. Hwa mei yang sudah terlatih harus tetap didampingi burung lain untuk meningkatkan kualitas suaranya.

Tulisan terkait :
loading...
Agar Burung Hwa Mei Tampil Baik Dalam Kontes | Penulis | 4.5