7 Jenis Penyakit Yang Kerap Menyerang Burung

Banyak faktor burung menjadi sakit.selain karena faktor cuaca serta ada virus yang menyerang burung tersebut.7 jenis penyakit yang kerap menyerang burung banyak ragamnya.burung sering terkena penyakit bisa juga di sebabkan oleh faktor kurang terjaganya kondisi kandang serta pekarangan.salah satunya adalah Penyakit Rabun.Rabun pada burung adalah penyakit gangguan mata yang menyebabkan berkurang atau rusaknya penglihatan burung parkit. Tanda-tandanya adalah burung murung, apabila terbang sering nabrak, dan nafsu makan berkurang.

Bubul

Artikel terkait.

Penyakit ini disebabkan oleh binatang-binatang kecil yang ada di dalam sangkar yang membentuk sangkar berupa timbunan kapur dalam kaki burung. Tanda-tanda penyakit ini adalah jari kaki dipenuhi kapur yang membengkak. Penyakit ini disebabkan karena kandang kotor dan jarang dibersihkan. Pengobatan dapat dilakukan dengan mengoeskan minyak goreng bersih pada kaki yang terkena bubul sampai sembuh.burung sakit

Kaki Membuka

Penyakit kaki membuka adalah penyakit cacat kaki yang diderita sejak anak-anak burung masih dalam dekapan induknya. Tanda-tandanya adalah kaki membuka ke samping kanan atau kiri, burung tidak dapat berdiri normal/tidak simetris.

Degeneratie

Sebenarnya ini bukan merupakan penyakit akan tetapi merupakan bawaan dari lahir. Misal jari kaki mengepal tidak dapat dibuuka, tungkai bengkok, paruh bawah terlalu panjang, sayap tidak imbang, kaki terbuka. Hal itu disebabkan perkawinan sedarah (inbreeding) menyebabkan keturunannya menjadi degeneratie.

Vertigo

Artikel terkait.

Penyakit ini lebih populer dikenal dengan penyakit ayan atau penyakit saraf, mengingat sarafnya yang terganggu. Tanda-tandanya adalah kepala berputar-putar.

Mabung

Mabung atau rontok bulu merupakan hal yang wajar terjadi di setiap jenis unggaas. Hal itu terjadi karena umur atau pengaruh panyakit, tanda-tandanya adalah rontok bulu yang berkpepanjangan. Walaupun tidak menimbulkan dampak yang besar tapi penyakit ini juga menggangu peternak parkit, karena produktivitas parkit menjadi turun.

Lumpuh

Saat ini banyak ditemui kasus burung tiiba-tiba seperti lumpuh, lemah tidak bertenaga dan hanya nyekukruk di dasar sangkar, meski diberi makan masih mau memakannya.

Hal seperti itu umumnya disebabkan burung kekurangan asupapn mineral, khususnya kalsium. Kekurangan salah satu mineral akan membuat burung ngedrop karena tanpa mineral yang cukup, maka vitamin dan makanan lain akan terolah dengan baik di dalam sistem pencernaan dan metabolisme burung. Ketika burung kondisi ngedrop, maka muncullah anemia. Burung sangat lemah dan tidak bertenaga.

Pemberian multivitamin atau vitamin B komplek sangat dianjurkakn, karena anemia dapat disembuhkan dengan menggunakan vitamin B12 yang terkandung dalam vitamin B komplek

Pada saat yang sama, burung harus tetap mendapatka asupan makanan yang baik. Hanya saja, selama sistem pencernaannya belum berfungsi normal, akan sulit bagi dia mendapatkan energi yang cukup untuk bertahan hidup.

Tulisan terkait :
loading...
7 Jenis Penyakit Yang Kerap Menyerang Burung | Penulis | 4.5