4 jenis Pakan Ternak Murah Namun Memiliki Gizi tinggi

4 jenis pakan ternak Murah Namun Memiliki gizi tinggi-berikut ini beberapa jenis pakan ternak berupa limbah yang memiliki harga murah namun memiliki tingkat kandungan Gizi yang tinggi.

Dedak Padi.

Artikel terkait.

Dedak padi merupakan limbah dari proses pengolahan gabah menjadi beras. Kandungan energinya tidak terlampau tinggi, tetapi kadar proteinnya cukup tinggi. Dedak sering digunakan dalam pakan itik, mengingat potensi ketersediaannya dalam jumlah besar dan cukup kontinu.

Penggunaannya terbatas dalam pakan karena kandungan serat kasar tinggi dan mengandung zat antinutrien yang tinggi, disebut sebagai asam fitat. Untuk mengatasi efek dari asam fitat, formulator pakan dapat menambahkan enzim fitase atau dikombinasikan dengan sumber mineral fosfor lainnya, seperti dicalcium phosphate (DCP).

Kualitas dedak perlu diperhatikan sebelum mencampurkannya dalam pakan karena dedak padi banyak dicampur dengan bahan lainnya seperti sekam dan kapur. Dedak yang sudah tercampur dengan bahan lain tentu membuat kandungan nutriennya menjadi rendah.

Pemeriksaan kualitas dedak dapat dilakukan dengan mengukur kepadatan bahan pakan (bulk density). Dedak padi yang baik mempunyai nilai bulk density 417 kg/m3.4 jenis Pakan Ternak Murah Namun Memiliki Gizi tinggi

Penyimpanan dedak dalam waktu yang lama dapat menimbulkan bau tengik karena kerja oksidasi lemak yang terkandung dalam dedak dan mudah terdapat kutu yang dapat menurunkan kualitas dedak. Penggunaan dedak padi bisa mencapai 60% dalam formula pakan itik.

Polar

Artikel terkait.

Polar merupakan hasil samping (by product) dari proses penggilingan gandum menjadi tepung terigu. Polar mengandung serat kasar antara 7-9,5% dengan kadar protein sekitar 15%. Nilai energi metabolisnya sekitar 1.700 kkal/kg. Nilai energi ini berkaitan dengan kandungan lemaknya sekitar 3-4%.

Penggunaan   polar dalam formulasi pakan dibatasi oleh kandungan serat kasar dan energi metabolisnya yang rendah. Potensi ketersediaan dan kontinuitas dalam skala besar dapat terjamin karena adanya pabrik besar pengolahan tepung terigu.

Tepung roti

Tepung roti yang potensial sebagai bahan pakan sumber energi bagi itik dapat berasal dari roti apkir atau roti yang tidak dikonsumsi lagi oleh manusia. Namun, sebaiknya tidak memakai roti yang sudah terkontaminasi dengan jamur.

Pasalnya, itik sangat rentan terhadap senyawa aflatoksin yang dihasilkan oleh jamur dan menyebabkan penyakit alfatoksikosis. Pemakaian tepung roti bisa sampai 20% dalam formula pakan itik.

Minyak

Minyak yang sering digunakan dalam penyusunan formula pakan yaitu CPO (crude palm oil). Kandungan energinnya tinggi, yakni sekitar 7.200 kkal/kg. Selain sebagai sumber energi, minyak juga berperan sebagai sumber asam lemak dan berguna untuk memudahkan pembuatan pakan bentuk pelet.

Penggunaan minyak dapat meningkatkan efisiensi pakan, mengurangi pakan berdebu, serta memperbaiki warna, palatabilitas, dan tekstur pakan. Minyak yang digunakan sebelum proses pembuatan pelet dapat menurunkan kualitas pelet.

Jadi, sebaiknya minyak disemprotkan saja untuk meningkatkan kualitas pelet. Penggunaan minyak terbatas karena dapat membuat ransum mudah menjadi tengik.

Tulisan terkait :
loading...
4 jenis Pakan Ternak Murah Namun Memiliki Gizi tinggi | Penulis | 4.5